Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti pendampingan kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM RI Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) HSS, Kamidi di Kandangan, Rabu, mengatakan kegiatan ini dalam rangka memotivasi kabupaten dalam pengisian dan penyampaian kuisioner serta data dukung.

Baca juga: Enam ponpes berstatus LKSA di Daha terima bantuan sosial

"Agar nantinya yang kita sampaikan dari kabupaten sesuai substansi, relevan, dan memiliki data dukung yang absah, yang akan dinilai secara nasional," kata Kamidi.

Dijelaskan Kamidi, pemenuhan data untuk pengisian kuisioner hanya perantara, namun utamanya untuk memenuhi HAM warga di HSS.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kanwil Kemenkumham RI Wilayah Kalsel, Ngatirah mengapresiasi kunjungan ini untuk meningkatkan harmonisasi dengan daerah.

Baca juga: BPKPD HSS gelar bimtek percepatan dan perluasan digitalisasi daerah

Sementara, Penyuluh Hukum Muda Kanwil Kemenkumham RI Wilayah Kalsel, Dianor menuturkan Kabupaten HSS mendapatkan nilai yang cukup tinggi se-Kalsel dengan kategori "Kabupaten Peduli HAM".

"Kami berharap bagi perangkat daerah yang belum melengkapi isian kuisioner beserta data dukungnya, agar dapat disampaikan segera," kata Dianor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023