Para Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Candi Laras Utara (CLU), Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan buka puasa bersama, dirangkai dengan diskusi upaya pelestarian lingkungan dengan program Desa Mandiri Peduli Gambut (DMPG).

Kades Buas buas Hulu, Ardiansyah, di Rantau, Selasa, mengatakan pihaknya tertarik dengan penerapan program DMPG yang dicanangkan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), sebagai bagian dari strategi restorasi gambut.

"Kita tertarik karena program ini mencakup perencanaan dan pembentukan kawasan pedesaan, perhutanan sosial dan reforma agraria, resolusi konflik, pemberdayaan ekonomi desa," kata Ardi yang memprakarsai buka bersama dan diskusi.
 
Penyerahan paket dari Humas PT TBM untuk para kades wilayah Kecamatan Candi Laras Utara,
di Rantau, Tapin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/4/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT TRI BUANA MAS)


Baca juga: Anak perusahaan Group Astra Argo berdayakan warga lokal jadi pekerja

Selain itu, juga menjadi penguatan kelembagaan masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan gambut, serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang selama ini menjadi masalah krusial yang dihadapi masyarakat di lahan gambut.

Dan diketahui, program desa mandiri peduli gambut meliputi tujuh provinsi, yakni di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Papua dan Kalsel.

"Program ini telah dilakukan sinergi dan kolaborasi antar kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, unsur kita dari pemerintah desa serta stakeholder terkait, dan bermuara pada capaian kemandirian desa," kata Ardi.

Kapolsek CLU, Ipda I Ketut Sedemen, berpesan kepada para kades agar tetap kompak dan menjaga kondusifnya desa masing-masing, terutama menjaga agar lingkungan tetap lestari dan mencegah terjadinya karhutla.

Menurutnya, sinergitas yang sudah terjalin baik selama ini agar terus terjaga, dan kondisi yang aman dan tertib bisa dipelihara serta tidak hanya di bulan Ramadhan saja.

Baca juga: PT Tri Buana Mas gelar program training Komite Bisa sekolah binaan

Humas PT Tri Buana Mas (TBM), Juhdi, menambahkan menyambut baik kegiatan buka puasa bersama dirangkai dengan diskusi, dan upaya pelestarian lingkungan di lahan gambut menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pihaknya dari perusahaan.

"Kami dari PT TBM menyambut baik adanya program DMPG, apalagi nantinya bisa diterapkan di desa-desa termasuk di ring 1 perusahaan, yang selama ini wilayah binaan dan pemerintah desa sebagai mitra," kata Juhdi.

Diakhir kegiatan, Humas PT TBM menyerahkan paket untuk masing-masing kades, bentuk perhatian, kepedulian serta berbagi kebahagian di bulan suci Ramadhan dan persiapan untuk Hari Raya Idul Fitri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023