Tim seleksi (Timsel) yang terbagi dua wilayah Kalimantan Selatan 1 dan Kalimantan Selatan 2 melaksanakan tes wawancara terhadap 182 orang bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2023 hingga 2028 pada 12 wilayah kabupaten dan kota di Kalsel.

"182 orang ini yang berhasil lolos pada tahap seleksi tertulis dan tes psikologi untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara termasuk pemeriksaan kesehatan," kata Ketua Timsel wilayah Kalimantan Selatan 1 Masyithah Umar di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: 394 calon anggota KPU wilayah Kalsel terjaring ikut psikotes

Untuk wilayah Kalimantan Selatan 1 sebanyak 102 orang yang lolos terdiri dari KPU Kabupaten Balangan sebanyak 20 orang, KPU Kabupaten Banjar (20 orang), KPU Barito Kuala (13 orang), KPU Hulu Sungai Selatan (14 orang), KPU Hulu Sungai Tengah (20 orang) dan KPU Hulu Sungai Utara (15 orang).

Kemudian wilayah Kalimantan Selatan 2 ada 80 orang yang lolos terdiri dari KPU Kota Banjarmasin mencapai 20 orang, KPU Kota Banjarbaru (19 orang), KPU Kabupaten Tapin (12 orang), KPU Kabupaten Tanah Laut (delapan orang), KPU Kabupaten Tanah Bumbu (12 orang) dan KPU Kabupaten Kotabaru (sembilan orang).

Tes kesehatan yang berlangsung di Rumah Sakit TPT Dr. R. Soeharsono Banjarmasin dan tes wawancara di Hotel Rattan Inn Banjarmasin dijadwalkan 10-19 April 2023.

Baca juga: Timsel wawancara 20 orang di tahap akhir penjaringan calon anggota KPU Kalsel

"Ini menjadi tahap akhir sebelum kami serahkan nama-namanya ke KPU RI untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan guna menentukan lima komisioner terpilih di tiap KPU kabupaten dan kota," ucap Masyithah.

Sementara itu, Ketua Timsel Kalimantan Selatan 2 Syaifudin mengatakan untuk menyaring  kandidat yang benar-benar memiliki integritas maka pihaknya membuka masukan dan tanggapan dari masyarakat yang mengetahui tentang profil dan rekam jejak para bakal calon.

"Masukan dan tanggapan melalui dokumen fisik bisa diantar secara langsung atau melalui jasa ekspedisi ke alamat Sekretariat Tim Seleksi lobby lounge lantai dasar Business Center Hotel Banjarmasin Internasional," ucapnya.

Baca juga: Timsel terima 457 pelamar calon anggota KPU di wilayah Kalsel 2

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023