Penjabat Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Mujiyat  mengajak Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Selatan (Kadis PU Kalsel) Ahmad Solhan meninjau kondisi  poros jalan Anjir Pasar-Wanaraya rusak parah, Sabtu. 

"Gerak cepat meninjau  poros jalan Anjir Pasar-Wanaraya  tersebut tidak terlepas dari permohonan kita ke Gubernur Kalsel Syahbirin Noor," ujar Mujiyat, di Marabahan.

Menurut dia, hal itu menunjukkan perhatian besar gubernur pada masyarakat Desa Wanaraya. 

“Ini kan jalan provinsi, jadi saya berterima kasih betul kepada pak Gubernur yang memberikan perhatian pada masyarakat Wanaraya,“ sebutnya. 

Mujiyat berharap,  jika jalan tersebut sudah diperbaiki, maka ada kebersamaan dari warga untuk menjaganya.

Terkait aturan kendaraan yang melintas, dia menyebutkan, saat ini sedang menggodok aturan bersama Dishub Batola agar kendaraan yang dapat melintas tidak melebihi tonase. 

“Sebagai pengguna jalan, pengguna angkutan tentunya harus ikut memeliharanya, karena merekalah yang sering melintasi jalan ini,“ tambahnya. 

Kadis PU Kalsel Ahmad Solhan menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penanganan poros jalan tersebut.

"Insya Allah bulan ini akan kita lakukan penanganan segera,“ ungkap Ahmad Solhan.

Menurut dia, untuk sementara akan dilakukan pengerasan agar setidaknya jalan bisa dilalui dahulu dengan nyaman oleh masyarakat. 

“Dari pantauan kita tadi ada sekitar satu kilometer yang rusak parah, ini dahulu yang kita perbaiki. Selanjutnya secara bertahap akan kita lakukan perbaikan pada ruas lainnya,“ tambahnya.
Salah seorang pengguna jalan Jamhuri menyambut baik gerak cepat gubernur atas perbaikan jalan tersebut. 

Salah satu pedagang jeruk asal Kapuas ini mengaku, sehari-hari melintasi jalan tersebut menuju Desa Sungai Kali,  Kecamatan Barambai. 

“Sampai ke Kapuas bisa empat jam kalau jalan hancur kayak ini, alhamdulillah diperbaiki paling tidak dua jam dari Sungai Kali ke Kapuas, “ sebutnya. 

Kepala Desa Gandaria Kecamatan Anjir Pasar Musyadi mengaku sangat berterima kasih kepada gubernur dan Pj Bupati. 

Dia menyebut, jalan tersebut menjadi akses penting bagi masyarakat desanya maupun masyarakat Kecamatan Wanaraya. 

“Kalau jalan ini rusak otomatis pembangunan di Wanaraya juga tentunya akan terhambat,“ sebutnya. 

Pada penijauan itu Penjabat Bupati Batola Mujiyat didampingi Kasatpol PP Dahtiar Fajar, Camat Wanaraya Aris Saputera, Camat Anjir Pasar Muhammad Yusuf serta sejumlah kepala desa di Anjir Pasar dan Wanaraya 

Sedangkan Kadis PU Prov Kalsel Ahmad Solhan didampingi Kepala Seksi jalan Wahid Ramadhani beserta staf. 

Sebelumnya, Kamis (6/4), Pj Bupati Batola Muniyat berserta jajaran turun ke desa di wilayah Kecamatan Wanaraya sekaligus memberikan bantuan sebesar masing-masing Rp45 juta untuk masjid di Kecamatan Belawang, Wanaraya dan Barambai. 
Penjabat Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Mujiyat bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Selatan (Kadis PU Kalsel) Ahmad Solhan meninjau kondisi  poros jalan Anjir Pasar-Wanaraya rusak parah, Sabtu (8/4/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO BATOLA.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023