Kawasan wisata kuliner Benua Anyar, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjadi tempat favorit untuk warga berbuka puasa bersama selama  Ramadhan.

Pantauan di Banjarmasin, Jumat malam, terlihat lokasi wisata kuliner tersebut penuh sesak pengunjung bahkan kendaraan roda empat maupun roda dua memenuhi lahan parkir di Jalan Benua Anyar sepanjang satu kilometer.

Baca juga: Banjarmasin tetapkan objek wisata kuliner Ramadhan 2023 di siring Menara Pandang

Sejumlah warga berjejal menjelang buka puasa hingga Shalat Isya di kedai kedai atau rumah makan kuliner yang sebagian besar menawarkan makanan khas Banjar, seperti soto banjar, sop banjar, panggangan ikan haruan, ikan papuyu, ikan lele, aneka ikan sungai dan ikan laut.

Selain itu, terdapat kedai di tepian Sungai Martapura tersebut yang menyajikan makanan ayam goreng, ayam panggang, bebek goreng dan bebek panggang yang lengkap dengan lalapan.
Warga bersiap buka puasa di atas kelotok (perahu) kawasan wisata kuliner Banua Anyar, Banjarmasin, Jumat (7/4/2023). (ANTARA/Hasan Z)

Bahkan beberapa kedai atau rumah makan seperti rumah makan, Batang Banyu, Jukung Julak, Bawah Jembatan, atau Abang Amat menawarkan makanan plus juga takjil berupa aneka kue banjar yang dikenal dengan 41 macam.

Baca juga: Puluhan UMKM kuliner Banjarmasin dapat bantuan kompor listrik

Pengunjung yang datang mayoritas merupakan masyarakat yang hendak reuni dengan teman atau kerabat untuk kegiatan buka puasa bersama.

Salah satu pengunjung dari kelompok komunitas sepeda tua (ontel) Banjarmasin yang datang dari berbagai wilayah.

Pemerintah Kota Banjarmasin pun menyediakan tempat kuliner di atas perahu klotok, rumah perahu (lanting), bahkan kedai kedai terapung yang dihiasi dengan lampu berwarna di kawasan Sungai Martapura.

Baca juga: Wisata kuliner Banjarmasin dengan menikmati ketupat kandangan

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023