Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mengatakan secara umum capaian kinerja makro Kabupaten HST sangat baik seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami kenaikan 0,94 persen, angka kemiskinan mengalami penurunan 4,21 persen, penurunan angka pengangguran sebesar 10,90 persen dan pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 30,56 persen, serta kenaikan pendapatan per kapita 6,60 persen.

"Sejalan dengan pencapaian kinerja setiap keberhasilan yang telah kita raih sebelumnya tidak akan pernah membuat kita merasa puas, namun akan menjadi penyemangat untuk terus bekerja dan membangun Banua,”kata Bupati Aulia saat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2022 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Gedung DPRD, Rabu.

Bupati Aulia dalam sambutannya  mengatakan penyampaian LKPJ tahun 2022 ini merupakan bagian dari pelaksanaan rencana pembangunan jangka  menengah daerah (RPJMD) Kabupaten HST tahun 2021-2026 yang sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

"LKPJ tahun 2022 ini memaparkan dasar hukum, visi misi, dan kondisi umum daerah pada bab pendahuluannya, kemudian dijabarkan kondisi anggaran pendapatan dan belanja Kabupaten Hulu Sungai Tengah di tahun 2022, guna menjadi dasar pelaksanaan kinerja yang telah dicapai sesuai dengan kewenangan daerah,"ujarnya.
Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi (kiri) ngobrol santai dengan anggota DPRD Kabupaten HST usai menyerahkan LKPJ di Gedung DPRD, Barabai, Kabupaten HST, Kalimantan Selatan, Rabu (6/4/2023). ANTARA/HO-PROKOM HST.

Bupati Aulia menambahkan hasil LKPJ ini nanti menjadi masukan bagi pihak eksekutif dalam mengambil kebijakan selanjutnya.

"Kami pertahankan dan tingkatkan hal yang baik. Tak lupa kami meminta kepada seluruh pihak untuk bergandeng tangan dalam meningkatkan pencapaian kinerja supaya HST menjadi lebih makmur, unggul, dan dinamis,”ungkapnya.

Dalam proses menjalankan roda pemerintahan, kendala dan permasalahan selalu ada. Namun bupati optimis bisa melalui itu semua.

"Permasalahan dan kendala yang ada, dijadikan bahan pembelajaran untuk perbaikan di masa yang akan datang serta menjadi pendorong semangat untuk terus berjuang, bekerja dan berinovasi dalam membangun daerah demi kemajuan HST,” tutup Bupati.

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023