Perusahaan Daerah  Air Minum (PDAM) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menerima  penghargaan bintang Top CEO BUMD Awards 2023 atas inovasi dan capaian kinerja dalam tranformasi digital.

"PDAM Kotabaru masuk dalam penilaian tim juri selama satu bulan," kata Direktur Utama PDAM Tri Basuki di Kotabaru, Kamis.

Baca juga: Pegawai PDAM Balangan diciduk karena dugaan pengancaman

Dikatakan, BUMD Awards ini didapatkan melalui proses yang panjang termasuk presentasi di hadapan dewan juri dan banyak mendapatkan masukan dan arahan dari dewan juri untuk terus melakukan inovasi dan improvment pada manajemen PDAM Kotabaru.

"Ada beberapa tahapan yang kita ikuti mulai dari penjurian tentang ke PDAMman, inovasi yang kita lakukan hingga kita masuk nominasi ini," katanya.

Penilaian inovasi yang dilakukan oleh managemen PDAM Kotabaru selama tiga tahun berkinerja bagus, dengan predikat kualitas air sehat, PDAM juga sudah bertranformasi digital dalam rangka untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggan.
"Kami juara tiga se Indonesia dalam bidang tranformasi digital dari kementerian PUPR untuk PDAM sekala kecil," ujarnya

Basuki menerangkan, PDAM sudah menggunakan pengolahan instalasi air dengan sistem komando "Supervisory Control And Data Acquisition" (sekada) secara monitoring mulai dari pendistribusian, kualitas air hingga sampai ke pelanggan, hingga aplikasi laporan harian kinerja karyawan untuk memudahkan monitorng kegiatan dengan tugas dan tanggung jawab pegawai.

Baca juga: Ketua DPRD Kotabaru minta PDAM tingkatkan pengolahan air bersih

PDAM juga menerapkan biling sistem yang terintegrasi dengan delapan cabang PDAM yang ada di kecamatan dengan terpusat di PDAM induk di Kotabaru.

"Kami juga memberikan kemudahan melalui aplikasi bagi para pelanggan untuk membayar setiap tagihan setiap bulanya," katanya.

Basuki juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kotabaru karena tanpa peran dan dukungan Bupati tidak akan mencapai keberhasilan hingga sekarang.Serta dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan kinerja PDAM dalam melayani pelanggan.

Dia berharap, penghargaan ini menjadi motivasi untuk lebih memacu diri untuk mencapai perbaikan-perbaikan di kemudian hari.

“Atas nama manajemen, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi ini,” pungkasnya.
Direktur PDAM Kotabaru.Tri Basuki (kanan) beserta Buptai Kotabaru( kiri) pada saat menerima penghargaan Top CEO BUMD 2023 (ANTARA/HO - Diskominfo Kotabaru)


Sementara itu, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Award 2023 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Businees M Lutfi Handayani menyampaikan kegiatan ini sejalan dengan program dan kebijakan Menteri Dalam Negeri dengan percepatan pembangunan kinerja BUMD dan perekonomian di daerah.
"TOP BUMD Awards sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas prestasi, perbaikan dan kontribusi BUMD yang telah dilakukan, baik terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah," tutur Lutfi.

Inovasi sangat penting bagi BUMD, karena jika inovasi ditularkan bisa mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. BUMD adalah aset milik pemerintah daerah dan bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah.

“Tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju, sehingga permasalahan seperti kemiskinan lebih mudah diselesaikan peranan BUMD,” katanya.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis didukung Kementerian Dalam Negeri RI.

Baca juga: 1.000 warga Balangan terima pemasangan air PDAM secara gratis

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023