Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel Ramlan menyebutkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) "Tirta Pare" Desa Bitahan Baru di Kabupaten Tapin layak mewakili Kalimantan Selatan pada peringatan ke-30 Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023 di Sumatera Selatan. 

Ramlan mengungkapkan Kampung KB di Tapin ini lebih unggul dibandingkan perwakilan dari tiga kabupaten kota lain. 

Baca juga: Mendes PDTT serahkan penghargaan untuk BUMDesma inspiratif dari Tapin

"Kampung KB Desa Bitahan Baru ini maju, di tingkat provinsi (Kalsel) tinggi nilainya," ujar Ramlan saat menghadiri verifikasi lapangan Kampung KB di Tapin, Rabu. 

Keunggulan Kampung KB Desa Bitahan Baru ini, kata dia, karena memiliki program yang berkelanjutan dan berdampak langsung kepada masyarakat. 

"Kita nilai, Kampung KB Desa Bitahan Baru siap ikut bersaing mewakili Kalsel ke tingkat nasional pada Harganas 2023 nanti," tutur Ramlan. 

Verifikasi di Desa Bitahan Baru ini, meliputi sektor ekonomi, pendidikan, gerakan pemuda hingga keterlibatan pihak seperti Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. 

Baca juga: Bumdes di Tapin mampu sumbang PAD

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tapin Ahlul Janah mengungkapkan pihaknya yakin dengan segala potensi yang ada, Kampung KB di Desa Bitahan Baru ini bakal maju ke tingkat nasional. 

"Kampung KB kita berpotensi ke tingkat nasional. Perkembangannya sangat maju," ujarnya. 

Seluruhnya di Tapin, ada 25 Kampung KB. Sebelumnya, kata dia, saat penjaringan dari provinsi  pihaknya menyodorkan tiga perwakilan yaitu dari Desa Bitahan Baru, Desa Hiyung dan Desa Mekar Sari.

Sekedar informasi tentang kemajuan desa yang dekat dengan aktivitas pertambangan batu bara ini. 

Desa Bitahan Baru ini memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). 

Pada 2021 lalu, Bumdes itu menyerahkan laba untuk PAD sebesar Rp 45,7 juta untuk daerah. Tercatat, menjadi yang terbesar dibandingkan penghasilan Bumdes lainnya. 

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh Bumdes bernama Mitra Hidayah Mandiri ini meliputi ; penyediaan air bersih bagi masyarakat, jual beli besi bekas, penyediaan catering untuk perusahaan tambang.

Selain itu, desa maju itu kini juga telah mengembangkan agrowisata, untuk ketahanan pangan. 

Baca juga: BUMDes di Tapin Kalsel berbisnis minyak

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023