Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 104 orang perangkat desa mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama tiga hari dimulai dari tanggal 24-26 mei 2016, Bimtek Manajemen Aparatur Pemerintahan Desa yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar yang berlangsung di Hotel Novotel, Banjarbaru, Selasa (24/05).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H Nasrunsyah beserta Anggota DPRD Kabupaten Banjar Fadli.

Panitia Penyelenggara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, H Zainuddin  mengatakan kegiatan bimtek ini berlangsung selama tiga hari, 24-26 mei 2016 dan diikuti sebanyak 104 orang peserta yang  bertujuan untuk meningkatkan SDM bagi Lembaga Desa/ Perangkat Desa agar dalam menyelenggarakan urusan Pemerintahan Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Bupati Banjar H Khalilurahman dalam sambutannya mengatakan Desa  memiliki posisi yang penting dan strategis sebagai basis penyelenggaraan pelayanan publik, karena itu, kata Bupati, untuk dapat menjalankan perannya secara efektif dan efesien, Pemerintah Desa perlu terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya.

Menurutnya perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa perlu diimbangi pula dengan Pengembangan Kapasitas pemerintahan desanya.

Kelemahan mendasar yang menyebabkan kurang berkembangnya potensi desa saat ini dikarenakan terbatasnya kapasitas aparatur yang mengelola pemerintahan desa, karena itu bimtek ini tentunya menjadi sangat penting artinya dalam mengembangkan kapasitas perangkat desa.

"Pemerintah menyadari, dengan meningkatnya kualitas kapasitas pemerintahan desa,  tentunya diharapkan  dapat memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya pembangunan desa secara efektif dan efesien,” kata Bupati.

Menutup sambutannya, H Khalilurrahman berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga wawasan dan pengetahuannya sebagai perangkat desa semakin baik, dan pada akhirnya dapat menerapkannya dalam tugas dan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat.(Reza/Roni/f)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016