Anggota Polsek Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), menahan sejumlah pemuda yang terlibat balapan liar di Jalan Desa Mangunang Kecamatan Haruyan.

Kapolsek Haruyan Ipda Rusmiati di Barabai, Kabupaten HST, Minggu, mengatakan giat itu berdasarkan laporan masyarakat yang merasa resah atas ulah para pemuda tersebut.

Baca juga: Polres HST tilang 43 pelanggar yang sering balap liar di jalan lingkar

"Karena tidak hanya membahayakan dirinya sendiri, juga membahayakan orang lain atau pengendara lain yang kebetulan lewat di jalan tersebut," kata Rusmiati.

Rusmiati menuturkan puluhan pemuda tersebut menggelar balapan liar kendaraan roda dua menjelang waktu berbuka puasa Ramadhan.

Baca juga: Puluhan remaja dorong motornya puluhan KM ke Mapolres HST
Jajaran Polsek Haruyan saat mengamankan sejumlah pemuda yang terlibat balapan liar di Jalan Desa Mangunang Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Minggu (2/4/2023). (ANTARA/M Taupik Rahman)

"Petugas kami dari Polsek Haruyan dan dibackup oleh jajaran Polres HST langsung mendatangi lokasi dan menangkap sejumlah pemudah yang terlibat balapan liar tersebut," ujar Rusmiati.

Rusmiati mengungkapkan sebanyak 27 orang pemuda yang diamankan dengan 17 buah kendaraan bermotor dan langsung digiring ke Mapolsek Haruyan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Sejumlah pemuda itu memang tidak kami tahan, namun diberi peringatan keras dan membuat surat perjanjian secara tertulis yang jika mengulanginya kembali maka akan langsung kami tahan," tegas Rusmiati.

Rusmiati berharap seluruh orang tua untuk menjaga anaknya dan mengajak bersama-sama mengisi bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak ibadah bukan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Baca juga: Nekat balapan liar malam Ramadhan, 27 unit motor diamankan Polres HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023