Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Tengah( HST), Kalimantan Selatan menggelar "Sosialisasi Pemilih Pemula" untuk memberikan pendidikan pemilihan umum kepada generasi muda.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengatakan kegiatan ini dalam rangka Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak 2024 untuk jenjang pendidikan menengah atas, nantinya akan menumbuhkan kesadaran kepada pemilih pemula di Kabupaten HST.

Baca juga: 169 PKD di HST dilantik dan siap awasi Pemilu 2024

“Saya sangat mengapresiasi atas adanya sosialisasi ini, karena penting dilakukan untuk memberikan pendidikan pemilih kepada generasi penerus, sehingga para pemilih pemula ini nantinya menjadi pemilih yang cerdas sehingga diharapkan partisipasi pemilih pada proses Pemilu yang akan datang semakin meningkat,” kata Aulia saat membuka acara sosialisasi di Lapangan Futsal Birayang Surapati, HST, Rabu.

Aulia mengharapkan sosialisasi tersebut dapat menambah wawasan, informasi, dan pemahaman tentang Pemilu yang akan dilaksanakan pada 2024, serta menggugah kesadaran kaum muda untuk menggunakan hak pilih dengan benar sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat saat Pemilu.

“Dengan partisipasi masyarakat yang tinggi dalam Pemilu terutama kaum muda, maka akan mendorong kehidupan berdemokrasi yang sehat, sehingga Pemimpin yang terpilih nantinya benar-benar didukung oleh masyarakat,” ujar Bupati HST.

Baca juga: Bawaslu intruksikan Panwascam rekam pendaftar PKD yang ikut tes wawancara

Sejumlah peserta mendengarkan materi saat Sosialisasi Pemilih Pemula di Birayang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (29/3/2023). ANTARA/HO-Prokom HST.

Bupati HST Aulia sempat berinteraksi dengan peserta yang terdiri dari para pelajar yang mengajukan pertanyaan seputar kegiatan pemilu ditambah dengan memberikan hadiah, berupa coklat agar pelajar berani tampil memberikan jawaban.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten HST Mardiyono menyebutkan tujuan  kegiatan itu agar pelajar sebagai pemilih pemula mempunyai wawasan yang utuh terhadap Pemilu, sehingga memunculkan kesadaran yang tinggi untuk menggunakan hak pilih dan menyampaikan pendidikan Pemilu kepada pelajar yang tidak hadir langsung.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini dari pelajar SMAN 3 Barabai dengan narasumber Komisioner KPU, Kabid Politik Dalam Negeri dan organisasi masyarakat,” ujarnya.

Selain Bupati dan Kepala Badan Kesbangpol HST, acara tersebut dihadiri juga jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Batang Alai Selatan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten HST, guru pendamping, dan pelajar SMAN 3 Barabai.

Baca juga: Bawaslu perpanjang masa pendaftaran Panwaslu Kelurahan dan Desa

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023