Sebanyak 169 Panwaslu Kelurahan atau Desa (PKD) Se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan menjalani pelantikan dan sumpah jabatan untuk segera bertugas mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024.

"Pelantikan dilakukan oleh 11 Panwaslu Kecamatan di Kabupaten HST sejak 5 hingga 6 Februari 2023," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten HST, Mailinasari di Barabai, Selasa.

Baca juga: Bawaslu intruksikan Panwascam rekam pendaftar PKD yang ikut tes wawancara

Setelah pelantikan, Mailinasari mengatakan PKD langsung bekerja untuk mengawasi tahapan pemutahiran data pemilih dengan membentuk Pantarlih oleh pihak KPU serta akan mulai mengawasi verifikasi faktual terhadap syarat dukungan calon DPD RI.

Mailinasari menegaskan seluruh PKD agar senantiasa menjaga integritas dan bekerja sesuai aturan dan komitmen saat diwawancarai oleh Panwaslu Kecamatan.

"Mereka (PKD) ini sebelum dilantik telah melalui proses seleksi yang ketat oleh Panwaslu Kecamatan, bahkan wajib melakukan tes bebas narkoba sebelum pelantikan," ujar Mailinasari yang juga Koordinator Divisi SDMO dan Datin Bawaslu HST.

Baca juga: Bawaslu perpanjang masa pendaftaran Panwaslu Kelurahan dan Desa

Diungkapkan Ketua Bawaslu HST, tantangan penyelenggara pemilu ke depan cukup berat terutama Bawaslu, karena yang diawasi tidak hanya KPU beserta jajaran ke bawah, namun juga peserta Pemilu seperti para calon anggota legislatif agar tidak melanggar aturan.

"Guna menunjang tugas-tugas PKD dan memperkuat pengalamannya dalam pengawasan, maka seluruh PKD ini nantinya akan di Bimtek baik di kecamatan maupun kabupaten dan benar-benar siap nantinya terjun ke lapangan," ungkap Mailinasari.

Baca juga: KPU lantik 506 anggota PPS sukseskan Pemilu 2024

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023