Batulicin,  (AntaranewsKalsel) - Desa Batulicin Irigasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil meraih penghargaan Adikarya Pangan Nusantara (APN) periode 2015 dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


"Kami sangat terkesan dan berterimakasih kepada masyarakat Desa Batulicin Irigasi dengan memanfaatkan lahan pekarangan sehingga mampu menjadi percontohan bagi daerah lain," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Erwinda Mardani, di Batulicin, Selasa.

Dijelaskan, pemanfaatan lahan pekarangan yakni pekarangan yang di tanami jenis sayur, buah-buahan, dan tanaman obat.

Dalam pemanfaatan lahan pekarangan dengan ditanaminya sayuran dan tanaman obat yang bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga juga mampu memberikan nilai ekonomi seperti terciptanya usaha rumah tangga.

"Saya berharap dengan mendatangkan Tim PKK Kalimantan Selatan nantinya dapat memberi wawasan dan tambahan ilmu pengetahuan tentang peningkatan pengembangan dan pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu," katanya.

Sementara itu, Pemkab Tanah Bumbu kini juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) tingkat Nasional.

Persiapan yang dilakukan saat ini meliputi, mendatangkan Tim PKK dari Banjarmasin untuk memberikan pembinaan serta persiapan dalam perlombaan.

"Desa yang akan kami libatkan dalam lomba HATINYA periode 2016 yakni desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang," katanya.

Ia mengatakan, dari ratusan desa di Kalimantan Selatan, Desa Batulicin Irigasi merupakan desa terbaik yang berhasil memanfaatkan lahan pekarangan rumah sehinnga desa Batulicin Irigasi yang akan mengikuti perlombaan.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016