Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Ki Hajar Dewantara 364 Rabu (27/4) berencana singgah di Pelabuhan Stagen, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.


"Kedatangan KRI Ki Hajar Dewantara ke Kotabaru dalam rangka Latihan Praktek (Lattek) Navigasi 3 Taruna tingkat III tahun 2016," kata Pasintel Lanal Kotabaru Kapten Laut (P) Heri Irwanto di Kotabaru, Selasa.

Dia menjelaskan, KRI Ki Hajar Dewantara yang berlayar dari Surabaya tersebut memiliki 85 personil, dengan 11 orang personil Satgas Lattek Navigasi, 41 orang Taruna/Taruni.

Setelah dari Kotabaru, KRI Ki Hajar Dewantara akan melanjutkan pelayarannya ke Benoa, Bali, dan kembali ke Surabaya.

Sementara itu, KRI Ki Hajar Dewantara (364) merupakan kapal perusak kawal berpeluru kendali. Kapal ini juga merupakan kapal perang latih bagi anggota TNI AL.

KRI Ki Hajar Dewantara merupakan bagian dari armada pemukul (striking force). Memiliki kemampuan jelajah dan persenjataan yang mumpuni bagi pengawalan dan perlindungan kawasan perairan Republik Indonesia.

Sebelumnya, KRI Teluk Bintuni 520 yang membawa 282 pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia singgah di Pelabuhan Stagen, Kotabaru.

KRI Teluk Bintuni 520 singgah di Kotabaru dalam misi Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) dalam Sail Tomini 2015. KRI Teluk Bintuni yang membawa pemuda-pemudi Nusantara bersama tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga itu akan menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di daerah perbatasan Indonesia, untuk memperkenalkan wisata kebaharian dan kearifan lokal.

Setelah singgah di Pelabuhan Stagen, Kotabaru, KRI Teluk Bintuni yang baru melakukan pelayaran perdananya setelah dibuat oleh oleh Galangan Kapal PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung itu akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Siau, Sulawesi Utara.

Dari Siau KRI Teluk Bintuni melanjutkan pelayaran dan singgah di Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Pelabuhan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

"Di Pelabuhan Melonguane nanti akan dilakukan puncak acara Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) dalam Sail Tomini 2015," tuturnya.

Selanjutnya, KRI Teluk Bintuni melanjutkan pelayaranya dsan singgah di Pelabuhan Ternate, Maluku Utara, dan terakhir di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta.

Selain KRI Bintuni, KRI Dewa Ruci salah satu kapal perang Indonesia yang "mendunia" juga berlabuh di Pelabuhan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kotabaru, Kalimantan Selatan, dalam misi Pra Jala Sesya Taruna Taruni Akademi TNI.

KRI Dewaruci adalah kapal perang RI jenis kapal latih di mana di kapal tersebut para taruna taruni Akademi TNI Matra Laut menjalani penggemblengan fisik, mental dan ketrampilan sebagai pelaut sejati.

Jumlah taruna dan taruni yang ambil bagian dalam rangka kedatanganya ke Kotabaru sekitar 105 orang dan merupakan angkatan ke-63.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016