Sekretaris Daerah Kotabaru Kalimantan Selatan, Said Akhmad mengatakan masyarakat desa terpencil di Pulau Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan terbantu dengan adanya layanan kesehatan dr. Share dari Rumah Sakit Apung dr. lie Darmawan II.

"Saya sangat mengapresiasi program itu dan kami berharap layanan ini terus ditingkatkan, khusus di Kotabaru bisa ditingkatkan frekuensinya menjadi dua kali setahun," kata Said Ahkmad di Kotabaru, Rabu.

Said mengharapkan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara gratis ini terus dilakukan oleh Yayasan Dokter Peduli di berbagai pulau termasuk pulau yang berada di Kotabaru.

Baca juga: Sekda Kotabaru apresiasi nakes rumah sakit apung di Pulau Sembilan

Karena animo tinggi dari masyarakat, Pemkab Kotabaru mengupayakan pelayanan kesehatan dengan program yang sama untuk melayani masyarakat di pulau lain.

"Mudah mudahan mereka betah, senang melayani masyarakat di Kotabaru serta antusias masyarakat yang tinggi mereka dapat kembali ke Kotabaru dengan program di pulau berikutnya," ujar Said.

Sekda Kotabaru juga mengapresiasi tim dokter yang selama enam hari melakukan tugas kemanusiaan melayani kesehatan hingga malam hari di pulau terluar Provinsi Kalimantan Selatan itu.

Baca juga: Gubernur Kalsel "launching" rumah sakit apung pertama di dunia
Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad. (ANTARA/Ahsin)

"Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada tim dokter untuk kedua kalinya melakukan bakti sosial pengobatan gratis yang melayani sebanyak 974 pasien warga Pulau Maradapan," ujar Sekda Kotabaru.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Erwin Simanjuntak menuturkan program dr. Share dari Rumah Sakit Apung dr lie Darmawan II melayani masyarakat di Pulau Maradapan sangat membantu warga desa yang terpencil dan warga sekitaran Pulau Maradapan dengan total pelayanan kesehatan sebanyak 974 pasien.

"Selama melakukan pelayanan di sana total pasien sebanyak 974 yang meliputi layanan poli umum, tindakan bedah mayor dan minor, poli gigi, poli kandungan dan program keluarga berencana(KB)," tutur Erwin Simanjuntak.

Baca juga: Bupati Kotabaru resmikan RS Pratama

Pelayanan tersebut terdiri dari 560 pasien poli umum, 105 pasien poli obgyn, 103 pasien poli bedah minor, 18 pasien bedah mayor, satu pasien tindakan sesar, dan satu pasien tindakan kuretase.

Erwin juga menyampaikan harapan kepada tim Dokter Share agar membuka kembali program yang sama pada tahun depan dengan tujuan Pulau Matasirih.

"Kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada tim relawan dr Share Rumah Sakit Apung yang telah memberikan pelayanan sosial untuk masyarakat kita di Pulau Maradapan, Pulau Sembilan," ujar Erwin.

Baca juga: Bupati Kotabaru tinjau Rumah Sakit Sengayam

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023