Laga sengit tersaji saat Barito Putera digasak Persis Solo usai melewati drama lima gol pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa.
 
Barito Putera harus mengakui keunggulan tim tamu Persis Solo hingga akhir pertandingan dengan skor 2-3.

Baca juga: Liga 1- Barito Putera curi tiga poin dari kandang Dewa United
 
Aksi saling balas gol terjadi pada laga dengan suasana cuaca cukup panas tersebut diawali gol yang disarangkan tim tamu Persis Solo lewat kaki Elexis Nahuel Messidoro (Massidoro) pada menit 19.
 
Messidoro mengejutkan tim Barito Putera yang asik menyerang dengan membuat tendangan keras dari sisi kiri gawang setelah menerima umpan silang hingga mengecoh kiper tim tuan rumah Yoewanto Stya Beni hingga kedudukan jadi 0-1.
 
Tuan rumah yang yang ketinggalan satu gol coba melakukan serangan lebih agresif ke pertahanan lawan hingga terjadi pelanggaran keras yang membuat kapten tim Persis Solo Rian Mizar harus dirawat ke luar lapangan dan membutuhkan bantuan oksigen untuk bernafas.

Baca juga: Bonek terkesan dengan pelayanan Presisi Polresta Banjarmasin
 
Kurang satu pemain bertahan andalan di lapangan tersebut, tim Persis Solo lengah, Mike Rigoberto Gelito OTT dari Barito Putera yang mendapat umpan coba mengolah bola dengan melewati satu dua lawan dan memberikan tendangan terukur hingga membuahkan gol, kedudukan pun menjadi 1-1 pada menit ke-42.
 
Setelah turun minum, tim tuan rumah Barito Putera makin gencar melakukan serangan, akhirnya pada menit ke-71, Gustavo Henrique Barbosa Freiredari membawa timnya memimpin gol 2-1 lewat tendangan keras yang membuat kiper Persis Solo Gianluca harus memungut bola dari jala.

Keunggulan Barito Putera ternyata tidak bertahan lama, karena Elexis Nahuel Messidoro kembali beraksi pada menit ke-78 membuat gol hingga kedudukan seri 2-2.
 
Malapetaka terjadi pada tim asuhan Rahmat Darmawan pada menit ke-85, karena blunder pemain bertahannya Gustavo Henrique Barbosa yang melakukan kesalahan fatal mengoper bola ke kaki lawan, yakni Sutanto Tan yang dapat menjebol kiper Barito Putera, akhirnya Barito Putera kembali tertinggal 2-3.

Baca juga: Polda Kalsel fasilitasi kehadiran Bonek hingga berjalan tertib dan kondusif
 
Berbagai upaya dilakukan tim Barito Putera untuk menyamakan kedudukan pada menit akhir, bahkan beberapa kali hampir gol, tapi keberuntungan didapat tim tamu Persis Solo hingga akhir pertandingan tetap bisa menjaga kemenangan.
 
Di akhir laga, Pelatih Barito Putera Rahmat Darmawan menuturkan timnya sudah bermain sangat bagus dan permainan kedua tim menampilkan yang sangat menarik.
 
"Tapi itulah dalam pertandingan, jika pemain depan tim kita gagal memanfaatkan peluang, maka bisa terjadi juga pemain bertahan kita membuat kesalahan, tapi saya tidak menyalahkan pemain perorangan, ini kesalahan tim, tim di bawah kendali saya, jadi saya yang mengambil tanggung jawab," ucapnya.

Baca juga: Barito Putera menang atas Persebaya dengan skor 2-1
 
Dia pun menyampaikan ada beberapa peluang yang bisa menjadi gol dilakukan timnya, namun keberuntungan belum didapatkan timnya, hingga perlu dievakuasi agar lebih baik pada pertandingan selanjutnya.
 
Sementara itu, Pelatih Persis Solo Leonardo Medina Arellano mengapresiasi anak asuhnya yang sudah berjuang dengan keras hingga meraih kemenangan di kandang Barito Putera ini.
 
Dia pun menyampaikan, tidak mudah meraih kemenangan dengan tim Barito Putera ini, apalagi di kandangnya, sebab tim ini bermain sangat bagus, namun karena keberuntungan berpihak pada timnya.

Baca juga: Liga 1- Persebaya Surabaya antisipasi kebangkitan Barito Putera

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023