Posyandu Junjung Buih 2, Desa Tambak Bitin, Daha Utara, yang mewakili Hulu Sungai Selatan (HSS) di lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2022, mengikuti penilaian yang dilaksanakan secara virtual oleh tim penilai tingkat provinsi.

Dua kader posyandu tersebut, Norkhalisa didampingi Misliani, berkesempatan memaparkan tujuh inovasi posyandu, yang dalam pelaksanaannya telah mendukung berbagai kegiatan pemerintah daerah dinilai berhasil meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Inovasi-inovasi yang dipaparkan pada penilaian lomba posyandu tingkat provinsi ini, yaitu SI CAMAT, BADAAS DI POSYANDU, BAPAHALA, PONDOK ASIEK, KAPE ASIEK, LESEHAN, dan SEJUMPUT SAMPAH," kata Norkhalisa, Senin (1/8).

Baca juga: Tim penilai Asman Toga datangi Bajayau Tengah verifikasi lapangan

Dijelaskan dia, berbagai inovasi tersebut juga bertujuan untuk menjadikan Posyandu Junjung Buih 2 sebagai tempat yang menyenangkan bagi anak, balita, juga orang tua mereka.

Inovasi yang dilakukan dapat mendorong mereka datang ke posyandu, sehingga sangat membantu dalam proses percepatan penanganan stunting.

Keberhasilan berbagai inovasi yang dilakukan di Posyandu Junjung Buih 2 tidak terlepas dari peran serta dan dukungan berbagai pihak.

"Di antaranya kerjasama semua kader, bimbingan dari tenaga kesehatan, puskesmas, TP PKK Desa Tambak Bitin, TP-PKK Kecamatan Daha Utara, dan TP-PKK Kab. HSS," katanya dalam paparan dari ruang Posyandu Junjung Buih 2 Desa Tambak Bitin, Daha Utara.

Tentunya juga tidak terlepas dari dukungan serta bimbingan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, sehingga pemkab pun memberikan apresiasi.

Baca juga: Posyandu Junjung Buih 2 wakili HSS ke lomba tingkat provinsi

Apresiasi ini terkait dengan konsistensi Posyandu Junjung Buih 2 dalam mengikuti penilaian lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel, terlebih pada tahun lalu di perlombaan yang sama posyandu ini mendapatkan juara tiga di tingkat provinsi.

Turut hadir, Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry didampingi Wakil Ketua, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, beserta jajaran TP PKK Kabupaten.

Selain itu, Camat Daha Utara, Dody Puryandhani bersama Ketua TP-PKK Kecmatan Daha Utara, para perwakilan instansi lintas sektoral seperti Dinas Kesehatan HSS, Dinas PMD, Dispera KPLH, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022