Berdasarkan prakiraan BMKG pada Minggu 19 Maret 2023 berlaku mulai pukul 08.00 WITA bahwa, empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan terampak hujan lebat.

Wilayah yang diprediksi terdampak hujan lebat diantaranya, Kabupaten Barito Kuala Mekar Sari, Tamban, Alalak, Mandastana, Anjir Muara.

Baca juga: 5 kabupaten di Kalsel diprediksi BMKG hujan lebat hari ini

Kota Banjarmasin, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Timur, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Utara.

Kabupaten Banjar Aluh - Aluh, Tatah Makmur, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Gambut dan Kabupaten Tapin yaitu Tapin Tengah, Candi Laras Utara, Candi Laras Selatan.

Dapat meluas ke wilayah Kabupaten Tanah Laut Takisung, Pelaihari, Batu Ampar, 
Kabupaten Tabalong Haruai, Upau dan Kabupaten Balangan Juai, Halong,  dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG prediksi, hujan disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kalsel

Adapun dampak terhadap kemungkinan terjadinya cuaca hari ini adalah, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. 

Volume aliran sungai meningkat atau banjir, aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktifitas masyarakat dalam skala menengah.

yang harus dilakukan bagi masyarakat yaitu berhati-hari jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa, mencari informasi melalui pihak terkait, tidak beraktivitas di luar rumah dan koordinasi dengan pihak kebencanaan.

Baca juga: Hari ini, BMKG prediksi seluruh daerah di Kalsel terdampak hujan
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023