Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan sedang yang dapat  disertai kilat/ petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan pada siang dan sore, Kamis 16 Maret 2023.

Melalui situs resminya https://www.bmkg.go.id,  BMKG memprediksi terjadi hujan disertai petir dan angin tersebut diawali terjadinya hujan ringan pada pukul 14.00 wita.

Secara umum hujan disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Kotabaru,  Batola, Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST) dan Tanah Bumbu.

Namun hujan disertai petir juga bisa kembali terjadi Jum'at dini hari di Wilayah Kotamadya Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten  Banjar, Batola, Tapin dan HSS, 

Lebih detail lag BMKG kemungkinan hujan terjadi di Kota Banjarmasin meliputi semua wilayah kecamatan. Hujan juga mengguyur  Kabupaten Barito Kuala meliputi Kecamatan Mekar Sari, Anjir Pasar, Anjir Muara, Tamban, Tabunganen, Alalak, Mandastana, Belawang, Wanaraya, Barambai, Marabahan, Bakumpai, Tabukan dan Kuripan.

Wilayah Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Aluh - Aluh, Tatah Makmur, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Gambut, Martapura Barat dan Simpang Empat.

Demikian pula Kabupaten Tapin, hujan yang disertai petir bisa terjadi di Wilayah Kecamatan Tapin Tengah dan  Candi Laras Utara.

Untuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diperkirakan hujan terjadi di Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan, Kalumpang, Simpur, Kandangan, Angkinang dan Daha Utara.

Beberapa wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) juga bakal diguyur hujan disertai petir di wilayah Kecamatan Labuan Amas Selatan, Labuan Amas Utara dan Pandawan.

Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) juga dihimbau waspada akan terjadinya hujan di beberapa wilayahnya, apalagi bencana banjir tengah melanda sebagian wilayah kabupaten ini.

Hujan disertai petir berpotensi terjadi di HSU meliputi wilayah  Kecamatan Sungai Pandan, Amuntai Tengah, Babirik, Danau Panggang, Banjang dan Amuntai Utara.

Sebagian wilayah Kabupaten Balangan juga tidak luput dari guyuran hujan, khususnya di Kecamatan Lampihong, Batu Mandi, Paringin Selatan, Paringin, Juai dan Awayan.

Intensitas ketinggian Sungai Tabalong diperkirakan juga masih tetap tinggi seiring potensi terjadinya hujan di  wilayah Kecamatan 
Pugaan, Tanta, Muara Harus, Upau, Haruai dan Murung Pudak.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023