Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kotabaru mengikuti pelatihan peningkatan tenaga fasilitator lapangan (TFL) DAK sanitasi yang di selenggarakan oleh  gabungan 11 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

"Pelatihan tersebut sebagai upaya peningkatan mutu fasilitator lapangan untuk melakukan kegiatan fisik swakelola yang lebih berkualitas," kata kepala Dinas PUPR Kotabaru Suprapti Tri Astuti di Kotabaru, Sabtu

Menurut Astuti, kabupaten/kota diwajibkan melakukan kegiatan fisik swakelola yang lebih berkualitas. Sesuai hasil rekomendasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan.pada saat melakukan konsultasi (desk) kegiatan DAK infrastruktur bidang sanitasi tahun anggaran 2023, pada November 2022 lalu.

"Kotabaru mengirimkan 10 orang terpilih dari tenaga fasilitator lapangan  DAK sanitasi," ujar Astuti.

Mereka yang mengikuti pelatihan di antaranya dari Bidang Sumberdaya Daya Air ( SDA) dan Penyehatan Lingkungan (PL).

Ia menambahkan, pelatihan ini juga untuk pembekalan bagi tenaga fasilitator lapangan yang berkomitmen tinggi dan mampu menggerakkan swadaya masyarakat dalam hal sanitasi.

"Pelatihan ini dikoordinir oleh PUPR Banjarbaru," kata Astuti

Pelatihan berlangsung selama dua hari 17-18 Maret2023, dengan  narasumber dari Kementerian PUPR dan BPPW provinsi Kalimantan Selatan.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023