PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah sukses menjaga keandalan pasokan listrik tanpa kedip dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Kalimantan Selatan, Jumat.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin melalui siaran pers diterima Antara di Banjarbaru, Jumat, mengatakan, lokasi-lokasi yang menjadi pusat kunjungan dan pusat acara mendapatkan suplai listrik dengan pengamanan berlapis.
 
"PLN telah menyiapkan pengamanan suplai listrik berlapis di lokasi pusat kunjungan kerja Presiden selama berada di Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarbaru, dengan suplai utama dari jaringan PLN," ujarnya.
Baca juga: PLN sukses jaga keandalan listrik tanpa kedip selama kunjungan Presiden Jokowi
 
Disebutkan Joharifin, pengamanan suplai listrik didukung sebanyak 181 personel yang siaga tersebar pada lokasi kunjungan, dan selain ratusan personel juga disiapkan Gardu Induk Prioritas kunjungan RI 1.
 
Menurut dia, ada lima gardu induk prioritas yang disiapkan yakni Gardu Induk (GI) Bandara, GI Mantuil, GI Cempaka, GI Tanjung serta GI Paringin dan sebagai back up suplai, juga disiagakan 5 unit uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas 30 sampai dengan 100 KVA.
 
Selain itu, ditambah lima unit genset mobile (Genset 1x250 KVA, 1x40 KVA, 1x50 KVA, 1 x 400 KVA dan 1 x 50 KVA), 11 unit Automatic Transfer Switch (ATS), serta dua Unit Gardu Bergerak (UGB).
Petugas PT PLN menyiapkan uninterruptable power supply di SPAM Banjarbaru yang menjadi salah satu lokasi kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kalsel. (ANTARA/PLN UID Kalselteng)

 
Dikatakan, selama rangkaian kunker RI 1 tersebut, PLN menerapkan siaga kelistrikan didukung petugas siaga 24 jam dan bekerja sesuai standard operating procedure (SOP) serta simulasi switching suplai listrik apabila terjadi gangguan pada suplai utama di masing-masing titik.

Baca juga: Siagakan 1.525 personel PLN siap amankan pasokan listrik selama Ramadhan
 
"Alhamdulillah, suplai listrik aman tanpa kedip di seluruh titik yang dikunjungi Presiden Jokowi dan menjadi kebanggaan bagi kami dapat mengawal kunjungan kerja presiden dan rombongan sehingga berjalan dengan lancar," katanya.
 
Diketahui, Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan dua hari ke Kalsel pada 16-17 Maret 2023 didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Sahbirin Noor.
 
Kehadiran presiden mengikuti acara Istigosah dan doa bersama Rabithah Melayu-Banjar di Komplek Pendopo Bersinar Pemkab Tabalong dan mengunjungi pasar rakyat Tabalong untuk menyerahkan bantuan sosial kepada pedagang.
 
Selanjutnya, presiden bersama rombongan meresmikan Jalan Nan Serunai di Kabupaten Tabalong dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Banjarbakula di kawasan Hutan Pinus, Kelurahan Mentaos Kota Banjarbaru.
 
Baca juga: PLN guarantees electric vehicle users will easily find chargers
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023