Jumlah penumpang pesawat di Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan, naik sekitar 30 persen dari kondisi normal selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1432 Hijriah.



"Kenaikan jumlah penumpang tidak signifikan karena jumlah pesawat dan kasitas termpat duduk juga terbatas," kata Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru M Riduan didamping Kabid Perhubungan Udara H Paiman SE di Kotabaru, Rabu.


Dijelaskannya, sepekan sebelum Lebaran, jumlah penumpang terjadwal sebanyak 250 orang dan tidak terjadwal 100 orang. Sedangkan sepekan sesudah Lebaran jumlah penumpang pesawat mencapai 343 orang dan tidak terjadwal sebanyak 147 orang.


Meski terjadi lonjakan penumpang, maskapai penerbangan PT Kalstar Aviation, Susi Air dan Trigana, tidak menambah jadwal penerbangan.


"Peningkatan jumlah penumpang  masih bisa diatasi oleh penerbangan yang sudah terjadwal," terang Paiman.    


Sebelumnya, Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen Junikar Pakondo mengatakan, lonjakan arus mudik di Bandara Stagen Kotabaru terjadi sejak H-7 Lebaran 2011.


"Semua calon penumpang yang hendak bepergian menggunakan pesawat masih bisa dilayani oleh penerbangan reguler dan terjadwal sehingga belum diperlukan tambahan penerbangan," imbuhnya.


Sementara itu, terhitung 20 Agustus, maskapai penerbangan PT Kalstar Aviation menambah rute baru Kotabaru-Balikpapan, di mana sebelumnya pesawat tersebut hanya melayani Kotabaru-Banjarmasin pulang pergi (PP).


Penambahan rute penerbangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang yang terus meningkat. "Khususnya pada arus mudik dan balik Lebaran," ujarnya.


Kabid Perhubungan Udara Paiman berharap, penambahan tersebut bukan hanya dilakukan menjelang dan sesudah Idul Fitri, namun dapat dilakukan selama maskapai tersebut beroperasi di Bandara Stagen./C

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011