Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry menuturkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) tingkat kabupaten mengedepankan keselarasan kebijakan pemerintah, kemampuan keuangan daerah, dan aspirasi masyarakat.

"Inti dari setiap pelaksanaan Musrenbang yang kita laksanakan tak lain adalah kearifan. Kita harus mampu secara bijak untuk membangun HSS ini dalam sebuah musyawarah mufakat," kata Fikry di Pendopo Kabupaten HSS, Kandangan, Rabu.

Baca juga: Bupati HSS ingatkan musrenbang harus fokus usulan 2024

Fikry mengapresiasi seluruh pihak terutama pemerintah desa dan kecamatan yang telah menyelesaikan dan merumuskan usulan pada Musrenbang.

Fikry menyebutkan Musrenbang yang mengedepankan musyawarah mufakat dapat mengutamakan program yang prioritas. Namun, Bupati HSS mengingatkan agar setiap pembangunan yang direncanakan harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Diketahui, Musrenbang kali ini merupakan Musrenbang terakhir yang dihadiri dan diikuti Achmad Fikry sebelum mengakhiri masa jabatan pada September 2023.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbangda HSS, M Arlian Syahrial mengungkapkan Musrenbang ini merupakan puncak musyawarah yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa atau kelurahan.

"Dari Musrenbang tingkat desa atau kelurahan diperoleh 1.682 daftar panjang usulan, yang selanjutnya dikerucutkan oleh Musrenbang tingkat kecamatan menjadi 351 daftar pendek," tutur Arlian.

Baca juga: Bupati HSS buka Musrenbang dan RKPD

Kemudian, Diskusi Forum Perangkat Daerah telah diselenggarakan 8-10 Maret 2023, untuk menyelaraskan usulan masyarakat dan kebijakan pemerintah daerah yang juga diikuti oleh DPRD dan delegasi Kecamatan.

Dari kegiatan tersebut diakomodir 62,68 persen dimaksud yang menetapkan 5,13 persen untuk bidang ekonomi, 9,69 persen pada bidang sosial budaya, 47,86 persen soal infrastruktur.

"Sedangkan sisanya 30,20 persen akan kita sampaikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, sesuai kewenangan," katanya.

Musrenbang kali ini juga menghadirkan dua orang nara sumber, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Wahyu Pratomo, dan Kasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur SDA, Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Banjarmasin, Roosmita Annisa.

Baca juga: Bupati HSS buka Musrenbang RKPD Loksado

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023