Direktur Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Ketenagakerjaan, Zainudin didampingi Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar didampingi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDT) Abdul Halim Iskandar, dan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyerahkan santunan dan kartu peserta jaminan bagi petani termasuk pengurus Rukun Tetangga (RT) di wilayah Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Jaminan ini penting seperti contoh yang diberi santunan tadi adalah petani, juga pengurus RT, juga sebagai satpam dan istrinya terdaftar maka semua dapat santunan," kata Zainudin di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu.

Baca juga: Nurul Islamiyah terima santunan Rp338 juta lebih dari BPJS Ketenagakerjaan

Zainudin menuturkan penerima santunan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan akan dibayarkan bagi setiap pemilik kartu BPJS.

Salah satu contoh warga Tanah Bumbu, Nurul Islamiyah merasakan manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan berupa santunan dan beasiswa pendidikan sebesar lebih dari Rp338 juta.

"Dia terdaftar empat peserta maka akan dapat jaminan santunan semua sebesar Rp42 juta kali empat," tutur Zainudin.

Ia juga menambahkan ahli waris dari almarhum sebagai penerima santunan jaminan kematian sebesar Rp168.000.000 secara tunai dari manfaat jaminan kematian empat kepesertaan ayah dan ibunya.

Selain itu, peserta BPJS Ketenagakerjaan juga menerima santunan jaminan hari tua sebesar Rp13.012.410, santunan jaminan pensiun Rp4.600.800 yang dicairkan secara berkala setiap tahun, serta beasiswa hingga sarjana untuk dua anak sebesar Rp157.500.000.

Baca juga: BPJAMSOSTEK bayarkan manfaat kurir meninggal saat tugas

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batulicin, Murniati menjelaskan penerimaan upah sebesar Rp88 ribu dan yang bukan penerimaan upah sebesar Rp25 ribu di Tanah Bumbu. 

"Kita masih banyak yang harus dilakukan  untuk meningkatkan peserta," ujarnya.

Murniati menyampaikan warga Tanah Bumbu masih banyak yang belum terdaftar sebagai kategori penerima upah .

Sementara itu, ahli waris dari almarhum Idransyah, Nurul mengaku bahagia dan tenang saat menerima santunan dari program BPJS Ketenagakerjaan.

"Ibu dan ayah meninggal dunia karena sakit pada Desember 2022, Alhamdulillah kami menerima santunan dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan masa depan kami untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi." ungkap Nurul.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Tanah Bumbu optimalisasi pelaksanaan Jamsostek

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023