RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, segera membuka dan melayani calon pasien yang menderita penyakit kangker dan stroke yang berobat ke rumah sakit tersebut.

"Semoga rencana ini tidak ada halangan, dan kami perkirakan pada periode 2024 layanan ini dapat beroperasi," kata Kasubag Hukum Humas dan Organisasi pada RSUD  Tanah Bumbu Dini Irma Irliani, di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan, untuk mempersiapkan hal tersebut saat ini pihak rumah sakit telah melengkapi sarana dan prasarana dengan membangun Gedung CT Scan yang representatif melalui dana blud tahun 2023 sebesar Rp678.390.000 juta.

Menyiapkan alat CT Scan tipe 64 slices dari dana DAK 2023 dengan anggaran sekitar Rp12.437.412.000 Miliar.

Pihaknya manajemen juga menyiapkan kualitas SDM dengan mengirim dokter spesialis saraf, dokter umum dan perawat ke Jakarta untuk menempuh pendidikan atau pelatihan terkait pelayanan penyakit kanker dan stroke.

"Selama ini pasien penyakit kanker dan stroke yang berobat ke RSUD Tanah Bumbu selalu kami rujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin. Kalau layanan ini pada 2024 dapat terealisasi maka calon pasien yang hendak berobat tidak perlu lagi di bawa ke Banjarmasin," jelasnya.

Sementara ini, RSUD Tanah Bumbu membuka layanan kesehatan melalui poli spesialis penyakit dalam,
poli anak, poli bedah, spesialis fisik dan rehabilitasi, kesehatan jiwa, kulit dan kelamin, anastesi, saraf, THT, radiolohi, mata, patologi klinik, paru.

Semua poli tersebut dilayani oleh dokter spesialis pada bidangnya masing-masing, namun untuk poli ortopedi, jantung, onkologi, urologi belum ada dokter spesialis yang menangani.

"Jumlah tenaga medis di RSUD Tanah Bumbu saat ini mencapai 296 orang dengan rincian perawat 162 orang, bidan 84 orang, dokter spesialis ada 24 orang, dokter umum 23 orang dan dokter gigi ada tiga orang," jelas Dini.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023