Pihak Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengapresiasi pendirian Taman Pendidikan Al Qur,an (TPQ) di wilayah ini dalam upaya menciptakan generasi muda yang Qur,ani serta meningkatkan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM)

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin yang diwakili bidang Kepasantrenan, Yusuf Hifni saat peresmian pendirian TPQ Angkatan Muda Cahaya Islam, Antasan Kecil Timur, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Senin.

Menurutnya, di tengah era modern sekarang memang perlu diimbangi dengan pengetahuan dan kemahiran membaca Al Qur,an karena melalui membaca serta mengetahui artinya maka bisa menjadi petunjuk untuk menjalani kehidupan.

"Alhamdulillah,pendirian TPQ di kota ini cukup berkembang, karena tercatat tak kurang dari 400 buah," katanya di tengah para santri dan para orang tua santri di kawasan yang padat penduduk tersebut.

Hanya saja, tambahnya, siapa saja silahkan mendirikan TPQ tetapi harus mentaati aturan yang sudah digariskan, antara lain sebaiknya melalui sebuah yayasan atau setidaknya melaporkan ke LPTQ setempat yang kemudian memperoleh sebuah piagam hingga TPQ mudah dioperasikan.

Karena tanpa aturan maka akan menyulitkan dalam pengelolaan, apalagi jika harus memperoleh bantuan pemerintah, dana pemerintah sudah tersedia dalam upaya membantu perkembangan TPQ tersebut, khususnya bantuan untuk ustadz dan uztadzah.
Pemberian piagam dan uang pembinaan kepada santri hapal satu juz (Antara/Hasan Z)

Dalam kesempatan tersebut pembina TPQ Angkatan Muda Cahaya Islam, ustadz Ridi menyebutkan selama ini kegiatannya memperoleh bantuan dari pihak donatur, makanya tempat yang digunakan masih sewa.

Ia berharap TPQ nya memperoleh dukungan pemerintah ataupun pihak donatur agar mempermudah dalam pengelolaan, khususnya kedepan bisa memperoleh lokasi atau dapat gedung sendiri dalam kegiatan belajar mengajar.

Sedangkan ustadz Mas,udi HS menjabarkan mengenai manfaat membaca al Quran, selain sebagai pelajaran dari Al Qur,an fungsi lainnya adalah obat bagi jiwa bagi yang tidak tenang dalam kehidupan.
Pidato dari kementerian agama (Antara/Hasan Z)

Orang yang sering membaca al qur,an maka jiwa pasti tenang, kemudian al Qur'an juga dijadikan petunjuk bagi orang yang bertaqwa, karena bimbingan agama ada di dalam kitap ini.

Fungsi Al Qur,an yang lain adalah memberikan rahmat bagi semua orang yang beriman. Yang pasti memberikan kucuran rahmat Allah.

Dalam akhir kegiatan tersebut dilakukan pembagian piagam dan uang pembinaan terhadap 15 santri yang sudah hapal satu juz Al Qur'an disamping penghargaan terhadap 30 santri yang hapal setengah juz.
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023