Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengatakan pemerintah daerah dan media memiliki tujuan yang sama, yakni menerima keluhan masyarakat.

Fikry menyampaikan hal itu saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas wartawan yang diselenggarakan Mitra Insan Pers Daerah (MIPD) untuk pewarta di Kabupaten HSS, Hulu Sungai Tengah dan Tapin pada Minggu (12/3).

Baca juga: 50 peserta di HSS ikuti workshop jurnalistik dan literasi digital

Selain Fikry, hadir juga Ketua DPRD HSS, Akhmad Fahmi yang memberikan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan dari utusan wartawan dari Kabupaten HST dan Tapin.

"Wartawan menjadi bagian yang sangat penting, karena wartawan bisa menampung aspirasi dan keluhan masyarakat, sehingga dapat memberikan informasi kepada pemerintah dan juga dapat menyampaikan informasi pemerintah kepada masyarakat," kata Fikry.
Pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas wartawan dibuka Bupati HSS, H Achmad Fikry,
di Cafe Gugunungan Amandit, Kandangan, Kalimantan Selatan, Minggu (12/3/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo HSS)

Fikry menuturkan wartawan melayani dengan pemberitaan dan pemerintah melayani masyarakat dengan pelayanan yang terbaik, sehingga dengan pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan terbaru dalam menghadapi era modern ini.

“Kita berharap melalui wartawan, juga agar dapat memberikan informasi yang seimbang,” tutur Fikry.

Ketua Pelaksana, Fathurrahman menyebutkan pelatihan tersebut diberikan kepada jurnalis media online, cetak, dan elektronik di Kabupaten HSS, HST, serta Tapin, termasuk kru dari televisi milik pemerintah daerah dan Bawaslu HSS.

Baca juga: Audiensi Pemkab HSS dan wartawan untuk pererat silaturrahmi

“Sekitar 30 orang peserta kita dalam kegiatan ini, menghadirkan dua narasumber dari wartawan TVRI, Rendy Tisna tentang fotografi dan videografi jurnalistik dan Bang Rusmanadi, Pemimpin Umum Media Online Tabir kota dengan materi Jurnalisme Bencana,” ucap Fathur.

Fathur mengungkapkan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas para jurnalis di daerah di bidang jurnalistik, sarana bertukar ide dan informasi, serta memperluas jaringan publikasi pembangunan daerah.

Materi pelatihan meliputi pendalaman, seperti penulisan berita feature dan opini, fotografi jurnalistik, videografi jurnalistik hingga untuk peliputan berita kebencanaan.

Kegiatan tersebut didukung Pemkab, DPRD, Kejari Bawaslu, PDAM HSS, Bank Kalsel Syariah Kandangan, PT Antang Gunung Meratus, PT Subur Agro Makmur, PT Surya Langgeng Sejahtera, RSIA Permata Bunda, dan KUD Karya Murni.

Baca juga: Seminar jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit bina jurnalis muda daerah
Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry (tengah) membuka pelatihan peningkatan kapasitas wartawan di Cafe Gugunungan Amandit, Kandangan, Kalimantan Selatan, Minggu (12/3/2023). (ANTARA/HO-Prokopim Setda HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023