Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad menghadiri sekaligus membuka Seminar Sehari Teknik Jurnalistik dan Fotografi Dasar, serta Penyuluhan Hukum kerjasama Wartawan Mitra Amandit dan Kejaksaan Negeri (Kejari) HSS, di aula STAI Darul Ulum Kandangan.

Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiasi dan kerjasama Radio Gema Amandit FM, Mitra Insan Pers Daerah (MIPD) HSS, Kejaksaan Negeri HSS, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) STAI Darul Ulum Kandangan.

"Seminar ini menjadi tindak lanjut dari yang kita laksanakan di tahun sebelumnya yang waktu itu juga dibuka Wabup HSS. Harapan kami kegiatan ini dapat membina para jurnalis muda berbakat di masa-masa mendatang," kata Mabdi, Sekretaris Pelaksana, Jumat (15/4) kemarin.
 
Wabup HSS, Syamsuri Arsysad membuka Seminar Jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: 50 peserta di HSS ikuti workshop jurnalistik dan literasi digital

Dijelaskan dia, jumlah peserta memang dibatasi karena kondisi pandemi COVID-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dirangkai dengan buka puasa bersama.

Wabup Syamsuri Arsyad mengatakan ke depan kemampuan dan minat jurnalistik ini perlu terus diberikan wadah dan bimbingan, agar dapat menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu dan sesuai kaidah, serta tidak melanggar peraturan yang berlaku sehingga memberikan manfaat kepada peserta maupun pemerintah daerah.

Setelah ini peserta tidak hanya sekadar mengetahui tentang 5W+1H dan teknik-teknik fotografi dasar, namun juga dapat mengetahui filosofi-filosofi di dalamnya.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi aset baik untuk STAI Darul Ulum Kandangan maupun bagi pemerintah daerah nantinya.
 
Seminar Jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Nul Albar gantikan Agus Rujito jabat Kajari HSS

"Pada masa sekarang jurnalis adalah kegiatan yang menurut sebagian kalangan mengasyikkan, terlebih para mahasiswa yang memiliki minat dan kemampuan dalam tulis menulis," katanya.

Ia pun berharap dengan dibekali dengan narasumber yang sangat kompeten, wawasan peserta terbuka agar mereka menjadi aset yang berkualitas dan bermanfaat bagi daerah di Kabupaten HSS.

Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Kejaksaan Negeri HSS Nul Albar, sebagai keynote speaker. Dalam paparannya ia menjelaskan tentang bijak membuat dan menyebarkan informasi dan berita, serta menghindari hoax dan pelanggaran hukum.

Narasumber lainnya Redaktur Kepala TVRI Kalsel M. Rasyidi, fotografer LKBN Antara Bayu Pratama Syahputra, dan jurnalis LKBN Antara M. Taupik Rahman.
 
Seminar Jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: PT AGM dapatkan Proper Biru Nasional

Ketiganya menjelaskan tentang pengenalan jurnalistik pertelevisian dasar, teknik menulis berita dengan jurnalistik dasar, dan teknik Fotografi Dasar.

Terlaksananya kegiatan ini juga didukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Diskominfo HSS serta beberapa perangkat daerah lainnya, PT Antang Gunung Meratus (AGM), PT Subur Agro Makmur (SAM), PT Surya Langgeng Sejahtera, Kodim 1003/HSS, dan donatur lainnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kominfo HSS Hj. Rahmawaty, Sekertaris STAI Darul Ulum Kandangan Akhmad Zaki Yamani, SHI, Ketua PWI HSS Irfansyah beserta anggota, juga CDO PT. Subur Agro Makmur (SAM), Joko Sambodo Paulus.
 
Kajari HSS, Nul Albar menerima cendermata sebagai narasumber utama. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022