Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporpar) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan menggelar workshop penulisan sastra puisi.

"Bukan hanya tenaga pendidik, workshop penulisan sastra puisi juga diikuti oleh pelajar dan masyarakat," kata Kepala Disbudporpar Hamaluddin Tahir di Batulicin Ahad.

Hamalludin yang di dampingi Kepala Bidang Kebudayaan Muhammad Rapie mengatakan tujuan dilaksanakan workshop penulisan sastra tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya bagi tenaga pendidik di Kabupaten Tanah Bumbu di bidang sastra.

Peningkatan juga bagian dari menjalankan visi misi pemerintah kabupaten dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia. Serta mendukung Tanah Bumbu menuju "Serambi Madinah".

"Ilmu yang didapat dapat dibagikan kepada anak didiknya, teman-temanya sehingga sastra di Tanah Bumbu terus berkembang," ujarnya.

Dia juga berpesan kepada pelajar yang berhadir untuk tetap kembangkan ilmu penulisan sastra yang diperoleh dari workshop ini. Sebagai anak muda harus terus berkarya dan merawat ilmu sastra yang sudah diajarkan.

"Narasumber yang kami hadirkan yakni Syamsudin atau yang lebih dikenal dengan Ali Arsy dan Sudakoh sastrawan senior asal Tanah Bumbu," jelasnya.

Pada akhir acara, semua peserta dibagi ke dalam tiga kelompok. Setiap kelompok tersebut bergantian menampilkan pertunjukan pembacaan puisi secara bergantian. Penampilan itu menjadi rangkaian penutup Workshop Penulisan Sastra dari Disbudporpar.

Workshop ini diikuti sebanyak 32 Peserta dan dilaksanakan selama dua hari, sejak 9-10 Maret 2023.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023