Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) berhasil masuk nominasi PPKM Awards tahun 2023 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri, setelah berhasil menangani COVID-19 dengan baik.

Atas keberhasilan ini, Satgas COVID-19 Pemkab HSS menghadiri interview atau pendalaman terhadap evidence yang telah di-upload melalui aplikasi untuk proses penilaian, dalam rangkaian kegiatan penganugerahan PPKM Award tahun 2023.

"Berbagai upaya dan strategi telah dilakukan Pemkab HSS, untuk penanganan pandemi hingga akhirnya berhasil terkendali sampai saat ini," kata Bupati HSS, H Achmad Fikry, di pendopo kabupaten, Kandangan, Kalimantan Selatan, Jumat (10/3).

Baca juga: Pemkab HSS cegah stunting libatkan semua OPD hingga pemerintah desa

Selain itu, HSS merupakan satu-satunya kabupaten yang berhasil menurunkan angka kemiskinan, di tengah terjadinya pandemi.

Juga tingkat vaksinasi berhasil berkat sinergitas yang kuat antara Pemkab HSS dengan unsur TNI, Polri, MUI, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Satgas kabupaten, satgas kecamatan, hingga satgas desa melaksanakan berbagai program bantuan, bantuan-bantuan sosial kita turunkan, sehingga COVID-19 tidak terlalu berdampak terhadap masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan transisi pandemi ke endemi COVID-19

Menurut dia, PPKM Awards ini disampaikan beberapa waktu lalu oleh Satgas Nasional Kemendagri, setiap kabupaten atau kota disuruh menyampaikan data kepada tim juri PPKM Awards.

HSS berhasil menangani COVID-19 dengan baik dan masuk menjadi salah satu nominator, sehingga dilakukan pendalaman dengan melaksanakan interview kepada kepala daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023