Dinas Kesehatan (Dinkes) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), menyiapkan beberapa langkah dalam upaya transisi dari masa pandemi ke endemi COVID-19.

Kepala Dinkes HSS, Hj Siti Zainah, di Kandangan, Selasa, mengatakan beberapa langkah telah disiapkan pemerintah daerah untuk transisi ini, dengan mulai redanya kasus  COVID-19.

Baca juga: Bupati HSS resmikan ruang rawat inap Puskesmas Negara

"Kita melakukan persiapan transisi dari pandemi ke endemi, namun tetap waspada karena memang COVID-19 masih ada," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, beberapa langkah yang dilakukan, seperti meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan, optimalisasi fungsi puskesmas sebagai fasilitas kesehatan masyarakat di masing-masing wilayah binaan.

Peningkatan kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, serta meningkatkan vaksinasi Booster. Walaupun diakui saat ini, untuk vaksinasi masih terkendala kekurangan vaksin.

Baca juga: Survei akreditasi Rumah Sakit Daha Sejahtera

"Kami telah mencek ketersediaan vaksin booster per 31 Januari 2023 lalu, ketersediaan vaksin kita hanya 10 dosis untuk anak dan dua dosis untuk dewasa," katanya.

Diketahui, pemerintah pusat termasuk di daerah, menyiapkan masa-masa transisi dari pandemi ke endemi, disamping kasus COVID-19 sudah melandai, kekebalan masyarakat melawan virus meningkat, dan angka infeksi menurun.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023