Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera) melaksanakan pawai akbar penyambutan dan syukuran anugerah Adipura tahun 2023.

Diawali piala Adipura diarak mengelilingi Kota Kandangan, setibanya di Lapangan Basket Alun-alun Kota Kandangan piala diserahkan kembali kepada Bupati HSS, H. Achmad Fikry oleh perwakilan petugas kebersihan Dispera KPLH HSS.

"Kegiatan ini bentuk rasa syukur atas diraihnya adipura tahun 2022, penghargaan bukan yang utama namun merupakan sasaran antara yang ingin dicapai," kata Kepala Dispera KPLH HSS, Ronaldy P Putra, di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Kamis.

Dijelaskan dia, yang utama dalam hal ini adalah mewujudkan HSS yang bersih dan hijau, serta dapat menimbulkan kesadaran di seluruh masyarakat.

Baca juga: Kota Kandangan HSS kembali raih anugerah Adipura

Untuk tahun 2022 penilaian adipura dilaksanakan di 35 titik, yang di semua titik terdapat penanggung jawab, baik dari OPD maupun koordinator dari karyawan ataupun masyarakat di sekitar titik pantau.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak baik pemerintah daerah, masyarakat serta perusahaan swasta ataupun BUMN, atas kegiatan khususnya lingkungan hidup dan penilaian yang dilaksanakan pada tahun 2022," katanya.

Penghargaan ini merupakan yang keempat bagi HSS dan di masa kepemimpinan Bupati HSS H Achmad Fikry Kabupaten HSS dapat meraih piala Adipura sebanyak tiga kali.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan bahwa hal ini menjadi motivasi bagi semua pihak, untuk terus bisa memastikan kota tetap dalam kondisi sesuai indikator Adipura.

“Tidak sekadar bersih sampah, ruang terbuka juga dipastikan bersih, butuh peran serta masyarakat yang bisa ikut menjaga. Jadi kalau sudah ditentukan jam sekian masuk sampah di TPS, harus taat sehingga pada jam tertentu sudah bersih TPS kita,” katanya.

Baca juga: Bupati tinjau TPS 3R di wilayah HSS

Ia juga mengimbau, untuk terus digalakkan lagi pengolahan sampah, dipilah, dan diolah menjadi produktif dan mendapatkan hasil.

Pihaknya sangat bersyukur, karena di HSS ada tujuh titik kecamatan yang sudah mengelola sampah, yang tidak perlu dibuang ke TPA.

Lebih lanjut, ia menambahkan apa yang dilakukan hari ini merupakan wujud gembira, diakhiri dengan syukuran serta agar semangat seperti ini yang tetap dipertahankan, predikat kota bersih kota yang hijau kota yang sampahnya terkendali.

Turut hadir, unsur forkopimda, pimpinan Instansi vertikal BUMN dan BUMD, pimpinan perusahaan swasta, pimpinan OPD, Tenaga Teknis Lapangan Dispera KPLH, para petugas kebersihan, Barisan Pemadam kebakaran, dan undangan lainnya.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023