Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Saidi Mansyur menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk korban banjir yang melanda sejumlah kecamatan di kabupaten tersebut.
 
Bantuan diserahkan anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha, yang didampingi Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat (DID) BNPB Zainal Arifin, saat kunjungan kerja ke Pemkab Banjar di Martapura, Senin.
 
"Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dan tentu segera disalurkan kepada warga korban melalui mekanisme yang akan diatur BPBD Banjar maupun dinas terkait lainnya," ujar bupati.
 
Bantuan yang simbolis diterima bupati dari BNPB berupa dana siap pakai sebesar Rp250 juta untuk penanganan darurat bencana banjir seiring penetapan status yang telah diberlakukan di kabupaten itu.
 
Selain itu, bantuan yang diterima paket logistik senilai Rp100 juta digunakan untuk penanganan darurat bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor yang berpotensi terjadi.
 
Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha mengatakan, bantuan melalui BNPB disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Banjar yang terkena dampak banjir sehingga dapat meringankan beban mereka.
 
"Kami mendorong BNPB membantu Pemkab Banjar yang masyarakatnya tengah dilanda bencana dan patut disyukuri dua paket bantuan yang diberikan untuk penanganan darurat banjir maupun bencana lain," ujarnya.
 
Dikatakan, salah satu program yang akan dilaksanakan dalam upaya pencegahan banjir di Kabupaten Banjar yakni pembenahan Waduk Riam Kiwa yang dilakukan guna mencegah terjadinya banjir.
 
"Pembenahan Waduk Riam Kiwa segera dilaksanakan. Proyeknya ditender bulan Maret hingga April. Paling tidak dari pembenahan itu dapat mengurangi hingga 70 persen wilayah terdampak," ujarnya.
 
Sementara itu, panjangnya rentang waktu intensitas hujan sesuai yang diprakirakan oleh BMKG hingga Mei mendatang disikapi Direktur DID BNPB Zainal Arifin yang menyebut status daruratnya bisa diperpanjang.
 
"Status darurat bencana yang telah ditetapkan selama 14 hari bisa saja diperpanjang dan BNPB juga siap memberikan bantuan jika diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat," katanya.
 
Baca juga: SAR Polres Banjar patroli di wilayah terdampak banjir
Baca juga: Lima Kecamatan dan 1497 KK terdampak banjir di HST
Baca juga: Banjir landa ratusan hektare sawah HSS Kalsel
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023