Badan Penanggulangan Bencana Daerah Hulu Sungai Tengah (BPBD HST) Kalimantan Selatan mengimbau warga setempat terutama Kecamatan Barabai yang tinggal di bantaran sungai agar siap siaga dan waspada banjir karena ketinggian air sungai kiriman dari wilayah pegunungan ke perkotaan semakin meningkat.

"Sore ini cuaca masih mendung dan sebagian wilayah juga gerimis, jadi untuk warga diminta siaga dan waspada namun jangan panik, karena akibat intensitas hujan yang tinggi tadi malam sungai di wilayah pegunungan mulai meluap dan hari ini telah sampai ke perkotaan," kata Kepala Pelaksana BPBD HST Budi Hariyanto di Barabai, Sabtu.

Baca juga: Tiga kecamatan di wilayah Kabupaten HST banjir

Budi menuturkan wilayah perkotaan Barabai yang tergenang air semakin tinggi, yakni Simpang Tiga Ulama, Pasar Dua, Barabai Timur dan Barabai Selatan serta pemukiman warga yang tinggal di bantaran Sungai Barabai.

"Untuk di wilayah Kecamatan Haruyan dan Batu Benawa, air memang berangsur turun namun kami minta warga tetap waspada dan tetap mengamankan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi," ujarnya.

Budi mengatakan anggota BPBD setempat dan para relawan juga terus mengawasi dan bersiaga pada sejumlah tempat atau desa yang terdampak banjir agar dapat menginformasikan kepada masyarakat untuk kewaspadaan dini jika intensitas air semakin meningkat.

Baca juga: Dampak bencana banjir di HST belum tertanganani tuntas

Warga Pengambau Hilir Luar Kecamatan Haruyan, Husni Nafarin menyebutkan masyarakat sekitar dan dibantu jajaran TNI-POLRI telah mendirikan dapur umum.

"Dapur umum ini kami dirikan secara swadaya guna memantau warga yang terdampak banjir, setidaknya dapat meringankan beban mereka yang terkena musibah bencana banjir ini," tutur Husni.

Babinsa Koramil 1002-03/Haruyan Serda Nasrudin yang membantu warga di dapur umum juga mengucapkan, pihaknya dan seluruh jajaran TNI selalu siap membantu warga yang terkena bencana.

"Kita juga jajaran Babinsa mendapatkan instruksi dan perintah dari Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana agar Babinsa terjun langsung ke lapangan monitoring Banjir wilayah binaan," tutur Serda Narsudin.

Nasrudin berharap banjir segera surut sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan normal kembali.

Baca juga: HST siap siaga antisipasi bencana
Warga Desa Pengambau Hilir Luar bersama Babinsa setempat sedang memasak di dapur umum guna membantu warga yang terkena dampak banjir di Kecamatan Haruyan, Kabupaten HST, Sabtu (25/2/2023). (ANTARA/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023