Kandangan, (AntaranewsKalsel) - Perusahaan Air minum Daerah (PDAM) Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, terus menyosialisasikan pemasangan sambungan air murah untuk mendukung penyediaan air bersih bagi masyarakat kurang mampu.


Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry di Kandangan Senin mengatakan, sambungan murah PDAM itu, harus terus disosialisasikan sehingga seluruh masyarakat khususnya masyarakat ekonomi bawah, mengetahui program tersebut.

Menurut Bupati pada Rakorda SKPD di Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan, penyediaan air bersih ini sangat penting bagi masyarakat, selain untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari juga untuk menjaga kesehatan masyarakat melalui air yang bersih dan berkualitas.

Sambungan murah PDAM merupakan program Kementerian PU RI dengan total alokasi 1.500 pasang sambungan, sementara yang terdaftar hingga saat ini baru 1.200 pasang, jadi masih ada sisa kouta untuk pelanggan baru.

Kepala SPI PDAM HSS Achmad Royani menjelaskan masyarakat yang memenuhi syarat cukup membayar Rp100.000 dan dibayarkan setelah pemasangan selesai.

"Biaya ini jauh lebih murah dibanding pasang biasa yang bisa mencapai Rp3 juta untuk sambungan baru," katanya.

Selain HSS, di Kalimantan Selatan beberapa kabupaten lain juga mendapatkan program ini, yaitu Hulu Sungai Utara, Tapin dan Banjarmasin.

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi agar masyarakat yang jadi sasaran program mengetahuinya seperti sosialisasi melalui Ketua RT, Kelurahan, siaran di radio ataupun pengumuman di Mesjid.

Diingatkannya, yang jadi sasaran adalah rumah bukan ruko namun bila ada warga yang memiliki kios atau warung dirumahnya juga bisa mengajukan pendaftaran.

Warga yang ingin mendapatkan sambungan murah ini, cukup mendaftarkan diri membawa KTP dan dibuktikan dengan daya KWH di bawah 1.300 watt.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016