Pemerintah Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan memperluas pangsa pasar produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui Festival Kuliner 2023 yang digelar selama tiga hari sejak 24-26 Februari di kawasan wisata Siring Laut.

"Melalui festival kuliner sebagai sarana mempromosikan hasil produk UMKM yang ada di Kotabaru untuk membangkitkan ekonomi masyarakat," kata Bupati Kotabaru Sayed Jafar di Kotabaru, Jumat.

Baca juga: DPRD Kotabaru dorong kembangkan UMKM di Kampung Nelayan

Sayed menuturkan festival kuliner produk UMKM merupakan salah satu wujud upaya konkrit yang dilakukan pemerintah kabupaten Kotabaru untuk mendorong penciptaan dan pengembangan ekonomi baru.

"Ini adalah salah satu solusi untuk memunculkan ekonomi baru, untuk membetulkan kreativitas para UMKM yang ada di Kotabaru," katanya.

Sayed menyadari UMKM menghadapi tantangan yang tidak ringan seperti keterbatasan permodalan, akses pasar dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) terutama pada era perdagangan bebas saat ini.

Sayed menyebutkan kondisi tersebut menjadi perhatian bersama dan perlu dicarikan solusi, terobosan, dan ide kreatif yang dapat meningkatkan daya saing sehingga UMKM dapat menjadi tuan rumah, bahkan dapat didorong untuk bersaing secara nasional dan luar negeri.

"UMKM juga harus bersaing dengan produk luar daerah yang telah memasuki Kotabaru. Saya dukung festival ini, karena ini adalah salah satu kegiatan yang baik untuk memperkenalkan produk-produk UMKM," ucap Sayed.

Baca juga: Ketua DPRD dukung Baznas berdayakan UMKM

Bupati berharap,dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan UMKM dan melalui Festival Kuliner yang bisa memunculkan ide-ide kreatif dalam memajukan kuliner Kotabaru serta menggali potensi produk makanan khas Kotabaru.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru Risa Ahyani menjelaskan kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi kreatif subsektor kuliner serta potensi para juru masak di Kotabaru serta menambah variatif sajian kuliner.

"Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2023 digelar pertama kalinya oleh Disparpora Kotabaru yang diramaikan oleh 31 UMKM," tutur Risa.

Risa menyatakan para peserta yang turut meramaikan kegiatan ini, seperti elemen industri kuliner yang ada seperti restoran, hotel, kafe, "Ghost Kitchen", kios dan pedagang kaki lima.

Kemudian, pameran atau bazar produk kuliner UMKM yang dibagi beberapa zona wilayah, yakni empat peserta di zona kopi, 36 peserta di lomba masak nasi goreng kreatif antar SKPD/BUMN/BUMD/ Kecamatan, dan 18 peserta lomba juru masak cipta kreatif masakan sajian.

Baca juga: Ketua Komisi II DPRD harapkan goa pelopori UMKM

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023