Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Sebanyak seribu orang mengikuti Festival Loksado yang dirangkai dalam kegiatan Balanting Paring (Bamboo Rafting), Fun Trekking, Unjuk Budaya dan Penanaman Pohon di Obyek Wisata Loksado, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Minggu (8/5/2016) Pukul 09.00 Wita.

Festival Loksado yang berlangsung selama dua hari ini, 7-8 Mei 2016 berlangsung meriah dan dipadati baik wisatawan domestik dan luar negeri, mereka dihibur dengan tarian dan seni budaya lokal serta pameran karya seni tradisional sebagai pernak pernik festival Loksado.

Sebelum Pelepasan peserta Bamboo Rafting dilakukan penandatanganan Komitmen Gerakan Loksado Hijau oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Sekretaris Daerah Propinsi Kalimantan Selatan Muhammad Arsyadi, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Dandim 1003/Kandangan Rudi Namsyah, Kajari HSS Andin Adyaksantoro, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad,  serta Kepala SKPD terkait baik tingkat Pemerintah Provinsi dan Kabupaten.

Peserta Bamboo Rafting dilepas oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengambil start Desa Loksado dan finish  Bumi Perkemahan Gunung Kantawan, Desa Tanuhi, Kecamatan Loksado berjarak 7 kilo meter perjalanan darat dan kurang lebih 2-3 jam perjalanan jalur air.

Gubernur H Sahbirin Noor, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah dan Sekda HSS beserta keluarga masing-masing juga ikut menjajal tantangan derasnya sungai dengan balanting paring bahkan Paman Birin di awal  mencoba untuk menjadi joki lanting bersaing dengan para joki lokal lainnya.

Lanting yang membawa Rombongan Gubernur dan lainnya finish di Bumi Perkemahan Gunung Kantawan, Tanuhi Jam 11.30 Wita, dilanjutkan dengan kegiatan penutupan Kegiatan Perkemahan Raimuna Cabang XI Kwarcab HSS  dan Gladi Pimpinan Satuan Se Kalimantan Selatan tahun 2016 sekaligus Peringatan Hari Bakti Himbauan dan Lingkungan hidup ditandai dengan Penanaman Pohon.

Gubernur dalam sambutannya mengungkapkan agar festival Loksado yang telah jadi Agenda Nasional kepariwisataan dapat lebih maju ke depannya untuk juga mengenalkan obyek wisata lokal Loksado yang memiliki keindahan yang tak kalah pesonanya dengan daerah lain.

"Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan akan terus memfasilitasi kegiatan kepariwisataan daerah khususnya di Loksado, Hulu Sungai Selatan maka kalau tahun ini pesertanya mencapai 1000 orang maka ditahun mendatang harus mencapai 2000 orang peserta, semoga Loksado juga semakin bersinar",ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara untuk Peserta Perkemahanan dirinya berpesan untuk rajin belajar untuk menghadapi era globalisasi, mengamalkan Dasa Dharma Pramuka secara baik dan menjauhi penyalahgunaan Narkoba yang makin memprihatinkan karena dapat merusak generasi muda tidak hanya di perkotaan tapi juga pelosok pedesaan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016