Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menangkap seekor ular jenis flying snake di salah satu rumah warga di Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

"Setelah ada laporan dari warga, tim kami langsung mendatangi rumah warga tersebut untuk mencari keberadaan sang ular," kata Ketua TRC BPBD Balangan Odat di Paringin, Sabtu.

Odat melanjutkan, setelah kurang lebih selama 15 menit mencari keberadaan ular, anggota langsung mendapati ular berada di bawah karpet pemilik rumah yang bernama Ahmad Darmawan.

Kemudian ular langsung dibawa anggota tim reaksi cepat ke posko induk BPBD Balangan lalu dilepas liarkan ke dalam hutan.

Odat mengimbau, kepada warga untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah yaitu dengan membersihkan rumah dari sampah, sisa makan dan kardus-kardus serta tumpukan barang.

Ular sendiri juga tidak suka aroma bau yang tajam, maka gunakanlah pembersih lantai atau kapur barus lalu tutup semua lobang dan selokan di areal rumah.

Sementara Ahmad Darmawan, pemilik rumah mengucapkan terima kasih kepada tim reaksi cepat BPBD Balangan atas respon cepatnya terhadap laporan warga terkait adanya ular di dalam rumahnya.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada TRC BPBD Balangan atas respon cepatnya terhadap laporan kami, semoga TRC BPBD Balangan selalu disehatkan agar dapat terus menolong warga Balangan," ucap Ahmad.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023