Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 sekaligus memperingati Hari Otonomi Daerah ke XX Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar upacara bendera di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry, mengatakan hari pendidikan nasional diperingati dengan kesadaran betapa pentingnya arti kualitas manusia

Peningkatan kualitas manusia tersebut, tambah dia, tidak terlepas dari peran besar para pegiat pendidikan di seluruh jenjang pendidikan.

"Untuk itu, kami memberikan apresiasi atas peran aktifnya dalam mencerdaskan saudara sebangsa dan setanah air kepada para pegiat pendidikan di seluruh penjuru Nusantara khususnya di daerah HSS," katanya.

Tema peringatan kali ini adalah "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita" dengan harapan besar ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia, yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Selanjutnya Beliau mengatakan pada hari ini juga diperingati Hari Otonomi Daerah XX Tahun 2016 dengan tema "Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)".

Makna dari tema tersebut, kata dia,  pertama otonomi daerah telah menjadi komitmen dan konsensus para pendiri bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Dasar 1945, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah, dan pengembangan demokrasi lokal. Kedua

Seiring telah diberlakukannya MEA, pemerintah daerah harus menata seluruh elemen, janagn sampai hanya menjadi penonton dalam era persaingan bebas tersebut. Ketiga melalui pemantapan otonomi daerah,  pemerintah daerah, tidak akan kalah bersaing dengan negara – negara ASEAN lain.

Ia juga menambahkan dalam upaya meningkatkan kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, harus terwujud sinergi Penyelenggaraan Pemerintahan secara nasional.

Maka menurutnya setiap kebijakan nasional harus ditindaklanjuti menjadi kebijakan daerah yang disesuaikan dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masing – masing daerah diimplemantasika melalui penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah serta harus dilaksanakan secara efektif.

Diakhir acara Bupati didampingi Ketua DPRD Kabupaten HSS bersama Forkupimda HSS menyerahkan berbagai penghargaan kepada siswa siswi Kabupaten HSS yang berprestasi.

Diantaranya penghargaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2016 Cabang Lomba Pantomim meraih juara 2 tingkat Provinsi Kalsel, Pemenang Olimpiade Sain Nasional SMP Tahun 2016 Bidang Studi IPA meraih juara 1 tingkat Provinsi Kalsel.

Cabang Lomba Desain Poster Pada Festival Seni Siswa SMA/SMK meraih juara 2 tingkat Provinsi Kalsel tahun 2016, Cabang Lomba Tari Berpasangan Pada Festival Seni Siswa SMA/SMK meraih juara 3 tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2016.

Cabang Lomba Kata Senior Putra pada Kejuaraan Karate Lemkari se Kalimantan Danlanud CUP II tahun 2016 meraih juara 1.

Peringatan juga dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad, Forkupimda HSS, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Noor Ediyono, SH, MH, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs.H.M.Ideham,M.AP,.

Kepala SKPD, pejabat Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah A Fikry, para Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten HSS, para PNS, para pelajar dan pramuka.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016