Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan,  menggelar  upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016. 


Upacara  Hari Pendidikan Nasional 2016  mengusung tema “Nyalakan Pelita Terangkan Cita-Cita” diikuti Forum Koordinasi  Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Tanah Laut ,  Kepala SKPD,  para pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, organisasi kepemudaan, organisasi kewanitaan, dan para Aparatur Sipil Negara lingkup Pemkab Tanah Laut.

Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah di Pelaihari, Selasa  membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan mengatakan,  melalui  Hari Pendidikan Nasional 2016  dapat dijadikan  hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia.

“Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia, dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya,” ujar Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah, di Pelaihari.

Menurut dia, manusia terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa, sehingga segala capaian yang di raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif,  tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan.

“Begitu pentingnya pendidikan untuk keberlangsungan bangsa ini kedepannya, karena itu tidak ada cara lain, jika bangsa ini ingin maju kuncinya adalah pendidikan, “ tegas Bambang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengapresiasi ketulusan, keikhlasan para guru dalam mendidik, dan mencerdaskan para siswanya sembari berharap pula kepada para murid  pendidikan adalah,  kunci masa depan, rajin belajar dan menjadi generasi muda yang tangguh.

Bupati menjelaskan , bidang  pendidikan menjadi prioritas Pemkab Tanah Laut pada tahun 2017, dan akan menggratiskan biaya pendidikan dari SD hingga SMP,  termasuk pula  sepatu, kaos kaki, seragam, alat tulis hingga buku-buku.

“Dengan fasilitas yang telah disediakan tidak alasan lagi  bagi para orangtua untuk tidak menyekolahkan anaknya,” tegasnya.

Sebelum upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan, bupati didampingi Forkopimda menyerahkan piagam penghargaan kepada juara pertama lembaga pendidik/tutor Paket A diberikan kepada Untung Lestari,  juara pertama Lomba Pengelola Taman Bacaan Masyarakat diraih Sri Mulyanti ,  juara pertama Lomba Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut diraih Umi Kalsum.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan diberikan kepada  Kelompok Tani Harapan Makmur sebagai juara kedua nasional Klaster Sapi Pedaging Kategori Peternakan dan Perikanan kerjasama Bank Indonesia dan Pemkab Tanah Laut tahun 2013-2016,  diterima Ketua Kelompok Tani Harapan Makmur Harjono./c

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016