Program pelayanan Homecare yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melalui Puskesmas dimulai dari melayani warga  sakit hingga orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

"Kami selalu siap saat dipanggil ke rumah warga dan melayani berbagai keluhan, dan seperti ODGJ yang mengamuk meskipun itu bukan pasien homecare tapi kami juga datang melayani," tutur Kepala Puskesmas Paringin dr. Aulia Asmi Setiawaty di Paringin, Selasa.

Aulia mengatakan, program homecare yang dijalankan oleh Puskesmas Paringin dapat dibilang tidak ada libur dengan selalu berkeliling ke setiap rumah warga bersama dokter-dokter yang selalu mendampingi.

Menurut Aulia, program homecare perkembangannya hingga sampai saat ini sangat direspon baik oleh warga masyarakat bahkan berkat program homecare ini banyak warga yang pulih dari sakit.

"Kami selalu rutin mengunjungi dan memantau perkembangan pasien homecare, bahkan kami juga memberikan edukasi serta pemahaman tentang kesehatan," ujarnya.

Aulia menyebutkan, melalui program homecare tingkat kesembuhan pasien kronis lumayan tinggi karena pasien bisa terkontrol perkembangannya.

Diketahui, program homecare ini merupakan salah satu program unggulan Pemkab Balangan dalam bidang kesehatan, sampai saat ini seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan telah menjalankannya secara rutin berkeliling ke rumah-rumah warga.

Salah satu warga Balangan, Lestari sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program homecare yang dijalankan oleh Pemkab Balangan melalui puskesmas setempat.

"Semoga program ini terus berlanjut ke depannya, karena program ini sangat bermanfaat sekali untuk warga masyarakat," ucap Lestari

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023