Personel Kodim 1001/HSU-BLG dan Polres Balangan melaksanakan apel bersama untuk memperkuat sinergitas dalam menghadapi Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di lapangan apel Koramil Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

"Apel ini untuk menumbuhkan sinergitas dan solidaritas dalam rangka menjaga Harkamtibmas serta kerja sama dengan pihak eksternal lainnya," kata Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin di Paringin, Jum'at.

Kapolres menuturkan, pada Oktober 2023 sudah mulai kampanye tertutup yang artinya suhu politik akan terus meningkat, oleh karena itu TNI/Polri sebagai penyangga tiang tonggaknya negara ini dan dibatasi netralitas tidak melakukan pemilihan.

Menurut Riza, kegiatan yang melibatkan anggota TNI/Polri bukan saja terbatas pada apel gabungan, namun juga perlu adanya kegiatan positif lainnya yang memerlukan kerja sama TNI/Polri dan juga masyarakat seperti penanggulangan terorisme, radikalisme dan penanggulangan bencana.

Sementara Dandim 1001 HSU/Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja juga menekankan, sinergitas dan solidaritas yang telah dibangun agar dijaga dan dipelihara karena merupakan kekuatan utama dalam menghadapi ancaman Kamtibmas di wilayah Kabupaten Balangan.

Karena ucap Dandim, hal tersebut juga bisa mengajak masyarakat untuk berperan aktif bersama TNI/Polri bergandengan tangan memelihara Kamtibmas di wilayah Kabupaten Balangan.

"Kami ingatkan kepada personel TNI/Polri untuk tetap menjaga netralitas dalam Pemilu tahun 2024 mendatang, siapapun itu politiknya, partainya dan pasangan calonnya, tetap kita jaga netralitas," ucap Dhuwi.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023