Marabahan, (Antaranews kalsel) - Wakil Ketua I Tim Penggerak  PKK Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan  Hj Fauliah Ma’mun Kaderi  mengajak, seluruh komponen masyarakat  Bumi Ije jela,  khususnya  Desa Beringin Kecamatan Alalak, untuk terus membangun kepercayaan dan kebersamaan.

"Dalam menunjang kelancaran seluruh program kegiatan pemberdayaan dan peningkatan peranan kaum wanita, kepercayaan dan kebersamaan sangat diperlukan," ujar Wakil Ketua I PKK Batola Hj Fauliah Ma’mun Kaderi, di Marabahan, Kamis (28/4).

Menurut dia,  program PKK  merupakan kegiatan yang berupaya meningkatkan peranan kaum wanita dalam pembangunan daerah.

"Kita semua tentu sudah memahami program terpadu seperti Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera( P2WKSS)," ucapnya.

Program tersebut, jelas dia,  merupakan salah satu program yang berupaya meningkatkan peranan kaum wanita dalam pembangunan, baik dari sisi SDM maupun dari sisi SDA.

"Tujuannya  untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia," terangnya,  saat kegiatan Pembinaan Desa Pelaksana Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2016, di Desa Beringin Kecamatan Alalak.

Fauliah berharap, para perempuan di seluruh Kabupaten Batola bisa memanfaatkan kegiatam P2WKSS sebagai sarana bagi kaum perempuan untuk memacu peningkatan kemampuan,  dan potensi yang telah dimiliki selama ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Kalsel Heriyati menjelaskan, tujuan  program P2WKSS secara umum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kaum perempuan.

 "Kami ingin meningkatkan kualitas hidup perempuan dari sisi kesehatannya, kemudian dari sisi peranannya ingin mewujudkan keluarga yang sehat," katanya.

Ada beberapa bidang  yang kini sedang diupayakan oleh P2WKSS untuk meningkatan peranan perempuan, jelas dia,  diantranya, sektor pendidikan,  kesehatan, dan sosial.

 "Di sektor sosial peranan perempuan diharapkan bisa melakukan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, penyuluhan kekerasan anak dan perempuan, keharmonisan keluarga, serta sektor ekonomiu dan infrastruktur," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kalsel  Juhariah menyatakan, sasaran dari kegiatan P2WKSS adalah,  mensejahterakan masyarakat.

Masyarakat dimaksud dalam program tersebut, ucap dia, adalah,  setiap masyarakat yang ada di dalam rumah tangga masing-masing.

Ia berharap setiap desa dibentuk kelompok Dasa Wisma,  yang bertujuan untuk melakukan pendataan dan pembinaan terhadap kaum perempuan.

"Saya berharap supaya di setiap desa nantinya ada dibentuk dan diaktifkan kelompok Dasa Wisma, sehingga nantinya setiap 10 rumah bisa terdata,sehingga perencanaan pembangunan bisa terencana," katanya.

Dalam kegiatan hadir  Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Batola, Camat Alalak, serta para Lurah dan Kepala Desa lingkup Kecamatan Alalak,



Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016