Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama DPRD HSS, meresmikan jalan Desa Siang Gantung yang menghubungkan ke Desa Baru, Kecamatan Daha Barat.

Kepala Dinas PUTR HSS, Teddy Soetedjo, di Baru, Rabu (1/2), mengatakan selain mampu memperlancar arus lalu lintas, jalan ini juga penopang jalur ekonomi, berupa hasil pertanian dari warga masyarakat Siang Gantung dan Desa Baru.

"Dengan lancarnya jalur lalu lintas ini, kita harapkan mampu membawa banyak manfaat bagi masyarakat Desa Siang Gantung dan Desa Baru, Kecamatan Daha Barat," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, kondisi ruas jalan ini sebelumnya masih berupa jalan dengan pengerasan fondasi, pembangunannya dikerjakan secara bertahap mulai dari tahun anggaran 2019, 2020, 2021, dengan menggunakan dana APBD Kabupaten HSS.

Baca juga: Jembatan Gantung Malutu dihibahkan menjadi milik daerah

Tahun 2022 yang lalu pembangunan bisa dilanjutkan dengan peningkatan ruas jalan berupa pengaspalan dengan lebar jalan 3,5 meter.

Penambahan cor beton dilakukan di sisi kira dan kanan jalan yang memiliki lebar 0,3 meter dengan panjang 3.565 meter, dengan dana Rp7,5 miliar.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengucapkan rasa syukur atas selesainya pembangunan jalan Desa Siang Gantung-Desa Baru Kecamatan Daha Barat.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama dapat meresmikan jalan penghubung, ini semua bisa terlaksana atas kerjasama antara Pemkab HSS dengan DPRD Kabupaten HSS," katanya.

Ia berpesan kepada Kepala Desa Siang Gantung dan Desa Baru juga seluruh masyarakat, agar bisa menjaga dan memelihara jalan yang telah ada ini.

Jalan supaya dipelihara dengan baik, karena bertahan lama atau tidaknya jalan ini adalah tanggung jawab bersama, oleh sebab itu agar diperhitungkan berat muatan kendaraan yang melintas.

Baca juga: Komisi III sidak proses pembangunan Masjid Islamic Center

Pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh warga Desa Siang Gantung dan Desa Baru Kecamatan Daha Barat, yang sudah memiliki jalan yang bagus dan nyaman untuk dilintasi.

"Semoga jalan ini mampu membawa banyak manfaat bagi seluruh masyarakat, dan kembali saya berpesan kepada seluruh masyarakat agar bisa memelihara jalannya dengan baik," katanya.

Ditambahkan dia, mewujudkan pembangunan jalan ini bukanlah suatu hal yang mudah, perlu proses yang panjang juga dana yang besar, oleh sebab itu dijaga bersama dengan baik dan bisa bertahan lama.

Peresmian dilakukan Bupati HSS didampingi Sekda HSS, HM Noor, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda, serta anggota DPRD Kabupaten HSS Dapil III H. Husnan diwakili Sarifudin, serta disaksikan langsung kepala desa dan masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023