Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Haul Guru Sekumpul yang diikuti oleh warga binaan Pemasyarakatan.

"Alhamdulillah bersamaan acara di Martapura, berbagai UPT Pemasyarakatan juga melaksanakan haul Guru Sekumpul tahun ini," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Banjarbaru siapkan angkutan gratis saat Haul Guru Sekumpul

Kakanwil Kemenkumham Kalsel mengikuti kegiatan Haul Akbar ke-18 Guru Sekumpul di kediaman Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Kampung Keramat Martapura, Kabupaten Banjar yang dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

"Dengan mengikuti Haul Akbar ini semoga dapat memberikan keberkahan di Kalimantan Selatan," ungkap Faisol Ali.
 
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali mengikuti haul Guru Sekumpul di Martapura. (ANTARA/Firman)


KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang dikenal dengan Guru Sekumpul ialah salah seorang ulama yang sangat kharismatik dan berpengaruh dari Kalimantan Selatan.

Guru Sekumpul wafat pada usia 63 tahun pada 5 Rajab 1426 H/10 Agustus 2005 yang pada 2023 merupakan Haul ke-18.

Baca juga: Pelajar SMA sediakan makanan dan posko warung gratis saat Haul Guru sekumpul

Masyarakat dari dalam dan luar Kalimantan Selatan gembira dan antusias berhadir pada kegiatan ini walaupun diguyur hujan karena kecintaan mereka yang sangat besar kepada ulama kharismatik almarhum Guru Sekumpul.

Kegiatan Haul Akbar ini dimulai setelah sholat isya berjamaah dengan diawali pembacaan Maulid Nabi, Sambutan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Setelah hampir dua tahun tertunda karena pandemi COVID-19, akhirnya kerinduan terhadap haul Guru Sekumpul terobati. 

Diperdengarkan juga sambutan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di depan para jamaah.

Wapres Ma’ruf menyampaikan Guru Sekumpul merupakan orang saleh yang harapkan memberikan keberkahan kepada masyarakat yang mencintainya.

Baca juga: Gubernur Kalsel gelar Haul Akbar Guru Sekumpul karena rindu

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023