Puluhan pelajar SMA Banua Kalsel antusias membagikan ribuan paket makanan gratis berisi mie instan, roti, kacang dan air mineral kepada warga yang melintasi di kawasan Jalan A. Yani, Km. 17 Gambut Kabupaten Banjar, guna menghadiri acara Haul Akbar ke-18 Guru Sekumpul, Kamis.

Pembagian paket makanan itu dilakukan bersama guru dan pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan untuk ikut memeriahkan pelaksanaan Haul Akbar Ulama Besar KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau lebih dikenal Abah Guru Sekumpul yang ke-18.

Baca juga: Gubernur Kalsel gelar Haul Akbar Guru Sekumpul karena rindu

Tidak lebih dari 20 menit, sebanyak 7.000 paket makanan ringan yang disiapkan SMA dan SMK di Kabupaten Banjar, melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Banjar, habis dibagikan kepada pengendara bahkan kendaraan angkutan massal yang melintas di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, yang sekaligus menjabat sebagai PLT Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Muhamadun, mengatakan pihaknya juga menyiapkan Posko Warung Gratis.

“Posko warung gratis ada di SMA Banua, ada di SLB, ada di Dinas Sosial Fajar Harapan, Di SMA 3 Martapura, Sungai Tabuk, Jejangkit dan ada dititik titik lainnya,” kata Muhammadun.
Sejumlah pelajar membagikan makanan gratis kepada pengendara yang melintas di kawasan SMA Banua di Jl. A. Yani KM. 17 Gambut Kabupaten Banjar. Kamis (26/01/2023). (ANTARA/Latif Thohir)

Pada gelaran ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan 10 posko warung gratis, sementara itu Dinas Sosial menyediakan empat posko warung gratis.

“Warung gratisnya ya di siapkan mie instan, nasi dan menu lainnya, untuk posko induk Lima Ribu porsi, posko lainnya jumlahnya menyesuaikan,” tutur Muhammadun.

Baca juga: Tim Pengurai Polda Kalsel antisipasi kemacetan saat Haul Guru Sekumpul

Muammadun menambahkan pihaknya juga menyiapkan makanan ringan untuk dibagikan kepada masyarakat dengan jumlah yang bervariatif pada setiap posko.

“Ada tiga ribu, empat ribu dan ini tujuh ribu untuk makanan ringannya, semangka lima ton," ungkapnya.

Muhamadun memberitahukan Posko Warung Gratis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini akan berlangsung selama dua hari, sedangkan Posko Warung Gratis Dinas Sosial Prov Kalsel  dijadwalkan tetap melayani hingga Senin, (31/1) mendatang.
Posko Warung Gratis di Halaman Kantor Disbunnak Kalsel. Kamis (26/01/2023) (ANTARA/Latif Thohir)

Selain di depan SMA Banua Kalsel, posko warung gratis juga banyak di jumpai di sepanjang Jalan A. Yani, yang di sediakan secara mandiri oleh Masyarakat dan Instansi Pemerintah, seperti yang dilaksanakan di halaman Kantor  Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, hal itu menunjukkan kecintaan warga Kalimantan Selatan terhadap Ulama Besar Abah Guru Sekumpul.

Baca juga: Panggilan hati dari Balikpapan hadiri haul Guru Sekumpul di Martapura

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023