PT PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menyiagakan 142 personel guna menjaga keandalan listrik pelaksanaan Haul ke-18 KH Muhammad Zaini Abdul Gani atau Guru Sekumpul yang berlangsung pada beberapa lokasi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

"94 personel di Kalimantan Selatan dan 33 personel di Kalimantan Tengah, ditambah 15 personel PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Berteganggan)," kata General Manager UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: PLN siagakan 142 personel jaga keandalan listrik Haul Guru Sekumpul

Terdapat juga petugas yang berkeliling tower atau PGP termasuk pasukan khusus yang siap bekerja dalam keadaan tidak padam.

Untuk haul di Martapura, Kabupaten Banjar pada Kamis malam dengan jutaan jamaah yang hadir, PLN memperkuat jaringan kelistrikan guna mengantisipasi lonjakan penggunaan listrik pada saat acara berlangsung

Salam menerangkan PLN memastikan pasokan listrik sangat memadai dengan sistem interkoneksi Kalimantan diperkirakan dalam kondisi normal serta cadangan rata-rata sistem interkoneksi sekitar 506 MW.

"PLN mempersiapkan dengan baik agar masyarakat yang memperingati haul Guru Sekumpul bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan listrik," ujar Salam.

Baca juga: PLN siapkan personel dan peralatan sukseskan haul Guru Sekumpul

Selain menyiagakan personel, PLN juga menyiapkan "tower emergency" atau tower darurat yang siap digunakan kapan saja ketika diperlukan.

Salam menyebut pada momen Haul Guru Sekumpul tahun ini personel yang bersiaga didukung peralatan pendukung termasuk tower emergency, serta memastikan ketersediaan material cadang gangguan.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menggelar Haul Akbar ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul di Kampung Keramat, Martapura, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan menarik perhatian ribuan jamaah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: PLN sukseskan haul Guru Sekumpul

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023