Tumbangnya sebuah pohon akibat angin kencang disertai hujan di Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengakibatkan akses jalan terganggu hingga listrik padam.

Seorang warga setempat Rahimi di Paringin, Kamis, menerangkan bahwa pohon yang tumbang tersebut sekaligus membuat aliran listrik ke kampungnya harus terputus sementara waktu.

"Iya itu kena aliran listrik jadi listriknya padam, untung tidak ada orang yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa," kata dia.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi, saat dikonfirmasi membenarkan adanya pohon tumbang di dua lokasi, satu di halaman Kantor Kemenag Balangan dan satu lagi di Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.

"Saat ini anggota TRC BPBD sudah meluncur ke lokasi untuk melakukan penanganan, dan melakukan evakuasi pohon tersebut," ujarnya.

H Rahmi mengimbau kepada warga kepada masyarakat, mengingat cuaca yang sering hujan disertai angin agar selalu waspada serta berhati-hati saat melintas di areal perkebunan atau pohon-pohon besar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Diketahui, jalan yang tertutup tersebut merupakan jalan milik Provinsi Kalsel yang menghubungkan antara Kecamatan Batumandi menuju Kecamatan Lampihong dan ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) atau sebaliknya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023