Sejumlah obyek wisata di Pulau Laut, Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai H+1 Idul Fitri mulai dipadati pengunjung.


Pantauan ANTARA Kamis, Pantai Gedambaan di kilometer 14, tempat pemandian air panas di Desa Sigam, air terjun Seratak Kotabaru, kini mulai dipadati pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat pribadi.


Pengunjung obyek wisata tersebut bukan hanya berasal dari Kotabaru saja, melainkan dari daratan Pulau Kalimantan, Kabupaten Tanah Bumbu, Tabalong, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Tanah Laut, Banjarmasin, serta beberapa daerah lain di Kalsel.


Menurut beberapa pengunjung yang berasal dari Banjarmasin, Ummi Adib, mengatakan, tidak lengkap berkunjung atau bersilaturahmi ke Kotabaru kalau tidak ke Pantai Gedambaan.


"Hampir setiap tahun keluarga kami selalu menyempatkan diri untuk menikmati indahnya pantai Gedambaan di km 14, Gedambaan, Pulau Laut Timur," katanya.


Tidak jauh berbeda dengan beberapa pengunjung dari daerah lain di Kalsel, rata-rata mereka menggunakan mobil berukuran bus, serta minibus. Bahkan tidak sedikit mobil pribadi yang dijadikan angkutan umum khusus ke obyek wisata Pantai Gedambaan.


Hanya dengan membayar uang pas masuk Rp2.000 pengunjung telah dapat menikmati keindahan hamparan pasir putih, dan dapat bermain bola pantai sepuasnya di Pantai Gedambaan.


Selain mandi di laut, di obyek wisata Pantai Gedambaan juga disediakan kolam renang khusus untuk orang dewasa dan anak-anak, "cottage" tempat bermalam, "bananas boat", juga beberapa fasilitas yang lainnya.


Selain bertujuan menikmati pasir putih dan air kelapa muda di Gedambaan, kedatangan pengunjung juga bertujuan mencari oleh-oleh khas daerah Kotabaru, seperti rumput laut dan amplang serta kerupuk ikan tenggiri.


Di obyek wisata tersebut, juga ditawarkan makanan dan minuman jajan khusus lebaran oleh masyarakat lokal./C/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011