Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan  H Dahnial Kifli meminta kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengawal pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024 sesuai amanat perundang-undangan.

"Untuk itu tentunya PPS harus sikap profesional, integritas tinggi dan kerja sama tim," ujar Dahnial Kifli pada pelantikan dan pengambilan sumpah PPS se-Kabupaten Tanah Laut, di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Selasa.

Menurut dia, tugas utama para PPS untuk mengawal kegiatan pemilihan umum (pemilu) agar berjalan dengan baik.

"PPS bertugas mengawal jalannya pemilu  agar berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, PPS merupakan tim yang harus menjalin komunikasi baik sesama anggota.

Begitu juga, jelas dia, kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan mitra lainnya.

“Saya berharap anggota PPS yang dilantik hari ini dapat segera membangun komunikasi dan koordinasi yang baik secara horizontal maupun vertikal," pintanya.
 
Sehingga, terang dia, mengurangi terjadinya kesalahan dalam menjalan tugas sebagai PPS. 

Kemudian, pinta dia, mempelajari sungguh-sungguh teori, teknis dan tahapan-tahapan tugas sebagai PPS.

"KPU merupakan mitra kerja pemerintah daerah dan demi kelancaran pemilu serentak 2024 mendatang, Pemkab Tanah Laut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait tentu selalu memberikan dukungan sesuai dengan ranah dan kewenangan," terangnya..

Untuk itu, dia meminta bersama-sama memperhatikan hal-hal penting yang mendukung terlaksananya pemilu serentak, baik dari tahapan persiapan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan nantinya. 

"Tentunya tenaga dan pikiran harus benar-benar kita siapkan,” tutup Sekdakab Tanah Laut.
 
Sekretaris Daerah Tanah Laut  H DahnPelantikan dan pengambilan sumpah PPS se-Kabupaten Tanah Laut, di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Selasa (24/1/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023